10 Contoh Penerapan CSR di Perusahaan Indonesia, Terbaru 2024

Contoh penerapan csr di perusahaan

Sebenarnya, bagaimana sih contoh penerapan CSR di perusahaan? Jika menanyakan hal tersebut, kamu datang ke artikel yang tepat.

CSR sendiri merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan agar dapat bertindak lebih dari sekadar mencari keuntungan finansial, tetapi juga menghasilkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Terdapat berbagai manfaat yang akan diterima perusahaan jika menerapkan CSR, di antaranya yaitu peningkatan citra dan reputasi, serta penciptaan hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan.

Artikel berikut akan menjelaskan beberapa contoh program CSR pada perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia, yuk simak!

Apa itu CSR?

CSR atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan.

Melalui CSR, perusahaan melaksanakan sebuah program yang memiliki manfaat secara luas bagi masyarakat, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Bagi perusahaan, melaksanakan program CSR dapat membantu membangun citra dan reputasi positif di hadapan publik.

Karena berkaitan dengan berbagai pihak eksternal, public relation atau PR perusahaan berperan dalam menyusun, merencanakan, dan mengkoordinasi program CSR.

Lebih dari itu, seorang PR perusahaan harus mampu membuat program CSR yang dilaksanakannya tersebut tepat sasaran.

Selain itu, PR juga bertugas untuk mengomunikasikan dan menyebarluaskan informasi mengenai CSR kepada masyarakat, misalnya melalui penerbitan press release.

Contoh Penerapan CSR di Perusahaan

Ada beberapa contoh penerapan CSR pada perusahaan di Indonesia, di antaranya yaitu:

1. PT Mayora Grup

CSR PT Mayora Sunat Masal

Pada 4 Juli 2024 lalu, PT Mayora Grup, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman, menyelenggarakan sebuah program CSR.

Program CSR tersebut yaitu berupa kegiatan sunatan masal yang diikuti oleh 34 anak dari Desa Gembong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten.

Adanya program sunatan masal yang diadakan secara gratis ini tentunya dapat memudahkan masyarakat untuk bisa menyunatkan anaknya, baik dari segi finansial maupun penanganan.

PT Mayora Grup berharap kegiatan ini dapat mengeratkan jalinan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

2. Scarlett Whitening

Contoh penerapan CSR selanjutnya datang dari Scarlett Whitening, sebuah perusahaan kecantikan asal Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2017.

Tepat Juli 2024 lalu, melalui Scarlett Beauty Impact, Scarlett mengadakan program CSR yang berfokus pada perempuan dan kemanusiaan.

Menurut Scarlett, ada dua pilar utama yang ditekankan dalam program CSR-nya, yaitu kesejahteraan dan kemajuan perempuan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui program tersebut, perusahaan ini memberikan donasi sebesar Rp1 miliar sebagai bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang disalurkan melalui Baznas.

Sebelum itu, Scarlett juga pernah melaksanakan CSR dengan memberangkatkan umrah sejumlah perempuan, mengadakan program tahunan berbagi makanan untuk buka puasa, serta pembangunan masjid.

3. PT Inecda Plantation

Pada 4 Juli 2024 kemarin, PT Inecda, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan pengolahan minyak sawit mentah, mengadakan CSR pelatihan budidaya ikan air tawar.

Program pelatihan tersebut ditunjukkan kepada masyarakat yang berada di wilayah sekitar perusahaan, yaitu Desa Petala Bumi dan Desa Bukit Petaling.

PT Inecda menyebut pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu, Riau dengan melakukan budidaya ikan air tawar.

4. Nippon Paint

Nippon Paint, sebuah perusahaan manufaktur cat asal Jepang, menginisiasi program CSR Maritim yang menargetkan para nelayan di Tuban.

Program CSR Maritim tersebut memberikan dukungan kepada nelayan berupa peremajaan perahu nelayan melalui pengecatan, kegiatan bersih-bersih pantai, serta pemberian apresiasi kepada anak-anak nelayan berprestasi.

Tak hanya itu, Nippon Paint juga menyelenggarakan kompetisi menghias kapal dengan dekorasi terbaik dan paling kreatif.

5. Telkomsel

Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H lalu, Telkomsel sebagai perusahaan telekonomunikasi di Indonesia menggelar program CSR bertajuk “Sambungkan Senyuman”.

Melalui program tersebut, Telkomsel memberikan bantuan berupa distribusi 103 ekor sapi dan 607 ekor domba/kambing yang melibatkan 43 ribu masyarakat.

Tak hanya itu, Telkomsel juga bekerja sama dengan UMKM lokal untuk menyediakan daging kurban potong dan makanan siap saji.

6. PT Borneo Indobara

PT Borneo Indobara (BIB) merupakan perusahaan yang berfokus pada perdagangan hasil tambang dan jasa pertambangnya, khususnya batubara.

Pada April 2024 lalu, PT Borneo Indobara melaksanakan program CSR pelatihan menjahit selama kurang lebih 3 bulan yang diikuti oleh 16 peserta dari desa di Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dengan program CSR ini, BIB berharap peserta dapat menjadi pelaku usaha home industry maupun pelaku industri sekala besar di bidang pakaian.

7. Alfamidi

Contoh CSR selanjutnya datang dari perusahaan yang bergerak di bidang ritel, yaitu Alfamidi atau PT Midi Utama Indonesia Tbk.

Berlokaborasi dengan DPPKB Kota Ternate dan BKKBN Provinsi Maluku Utara, program CSR Alfamidi ini bertujuan untuk mengentas stunting.

Adapun program ini difokuskan untuk menyasar anak-anak di kelurahan Cengkeh Afo, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Melalui program tersebut, Alfamidi menyalurkan paket nutrisi kepada anak-anak yang dilakukan secara bertahap selama 6 bulan sejak Januari 2024.

Nah, untuk anak yang lulus stunting, masing-masing dari mereka memperoleh 60 butir telur, susu formula, dan sereal beras merah.

Setelah enam bulan, dinyatakan ada 25 anak yang lulus stunting dengan pertimbangan adanya penambahan berat dan tinggi badan yang sudah masuk kategori normal.

8. Indomaret

Sama-sama perusahaan yang bergerak dii bidang ritel, Indomaret juga mengadakan program CSR dengan memberikan bantuan sumur bor di Kupang, NTT.

Sumur tersebut berada di Keluarahan Babu, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang untuk digunakan sebagai sumber air bersih.

Indomaret juga berencana memberikan bantuan sumur bor lain di daerah Kabupaten Kupang. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai lokasinya.

9. Astra Life

Contoh penerapan program CSR selanjutnya datang dari perusahaan asuransi jiwa Astra atau yang biasa disebut Astra Life.

Program CSR yang diselenggarakan Astra ini menargetkan sekolah binaan dari Yayasan Pendidikan Astra di wilayah IKN (Ibu Kota Nusantara).

Adapun program yang dilakukan yaitu pemberian 150 paket peralatan solat untuk 15 sekolah, pengadaan kelas literasi keuangan kepada 200 siswa, dan donasi laptop untuk 2 sekolah.

Pihaknya menyebut program CSR ini merupakan perwujudkan dari salah satu pilar kontribusi sosial Astra, yaitu Astra untuk Indonesia Cerdas.

10. PT Nusantara Medika Utama

PT Nusantara Medika Utama (NMU) merupakan anak usaha dari Pertamedika IHC yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan atau rumah sakit.

Pada Juni 2024 lalu, NMU mengadakan program CSR yang bertujuan untuk memberantas stunting di masyarakat Kota Mojokerto.

Adapun CSR tersebut dilakukan dengan pemberian telur yang merupakan salah satu sumber protein penting untuk mendukung gizi anak.

Tak hanya itu, masyarakat yang hadir dalam program tersebut juga memperoleh edukasi berupa seminar terkait pencegahan dan penanganan stunting.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang contoh penerapan CSR di perusahaan di Indonesia, mulai dari Mayora, Alfamidi, hingga Astra Life.

CSR merupakan salah satu program penting yang perlu dilakukan perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial guna meningkatkan citra dan reputasi di mata masyarakat umum.

Nah, jika kamu membutuhkan konsultasi di bidang humas atau public relation guna meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, yuk percayakan pada BRIEFER!

BRIEFER menyediakan berbagai konsultan berpengalaman di bidang komunikasi, terutama public relation dan marketing, yang telah dipercaya banyak perusahaan ternama di Indonesia.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk segera hubungi kontak kami melalui e-mail hello@briefer.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *