Office Affair: Romansa di Tempat Kerja yang Perlu Dihindari

office affair romance in workpace

Salah satu bentuk toxic relationship yang perlu dihindari adalah office affair. Belakangan, topik ini ramai dibicarakan di media sosial karena banyaknya orang yang melakukannya.

Padahal secara etika saja, perilaku ini tentu perlu dihindari, bukan? Namun, kenapa masih banyak yang melakukannya?

Artikel ini akan membahas mengenai office affair secara lebih dalam, mulai dari pengertian, penyebab, dan konsekuensinya. Yuk, simak!

Apa itu Office Affair?

Office affair adalah hubungan asmara, baik itu romantis maupun seksual, yang dilakoni dua orang yang berada di satu tempat kerja.

Meskipun begitu, hubungan yang dilakukan bukanlah romansa biasa, akan tetapi terdapat unsur perselingkungan di dalamnya, di mana salah satu atau keduanya sudah memiliki pasangan.

Memang, adanya orang yang kita sukai di tempat kerja dapat berdampak positif, misalnya terhadap performa dan motivasi kerja. Akan tetapi, perselingkuhan tetaplah bukan hal yang dibenarkan.

Apa pun alasannya, fenomena ini merupakan suatu hal yang cukup umum terjadi. Menurut suatu studi, sekitar 65% pekerja mengkalim bahwa dirinya setidaknya pernah memiliki hubungan dengan rekan kerjanya.

Padahal, konsekuensinya juga cukup besar. Di sebagian perusahaan, office affair dianggap sebagai pelanggaran etika karena dapat menciptakan konflik kepentingan di tempat kerja dan mengganggu pekerjaan.

Penyebab Office Affair

Mengapa hubungan asmara jenis ini banyak dilakukan? Dilansir dari helloprenup.com, ada beberapa alasan psikologis yang menyebabkan banyak orang melakukannya, yaitu:

1. Tingginya Frekuensi Bertemu

Jika sudah bekerja, kamu pasti lebih sering bertemu dengan rekan kerjamu dibanding pasangan, bukan? Apalagi jika belum menikah, tentu gap-nya akan lebih lebar lagi.

Nah, tingginya frekuensi bertemu inilah yang secara perlahan bisa menimbulkan sedikit percikan ketertarikan dengan rekan kerja.

Ditambah lagi, kamu mungkin bertemu rekan kerja dengan kesan pertama yang bagus dan sifat yang disukai. Lalu, bayangkan harus bertemu orang itu selama berhari-hari bahkan bertahun-tahun?

2. Lebih Senasib

Biasanya, kita pun akan merasa lebih “senasib” dengan rekan kerja kita karena berbagi pengalaman di lingkungan yang sama.

Nah, hal inilah yang menyebabkan sebagian individu cenderung tertarik dengan orang lain yang banyak menghabiskan waktu dengan mereka, apalagi jika punya minat dan pengalaman yang sama.

Selain itu, para pekerja di tempat kerja pun sering kali memiliki tujuan yang sama sehingga akan lebih mudah lagi untuk menciptakan rasa persahabatan dan kedekatan.

3. Tidak Menjaga Boundaries

Alasan lain dari office affair adalah simply karena mereka tidak bisa menjaga boundaries. Yup, sudah seharusnya kita menjaga batasan dari orang lain selain pasangan kita, bukan?

Apalagi di tempat kerja, sudah seharusnya para karyawan untuk bersikap profesional dan mengesampingkan urusan pribadi.

Alasan Office Affair Perlu Dihindari

Rasa tertarik dengan orang lain di luar pasangan kita mungkin hal yang wajar dan sulit dikendalikan. Akan tetapi, kita masih bisa mengontrol perilaku yang akan kita lakukan.

Oleh karena itu, tetaplah menjaga batasan, baik di luar maupun di dalam kantor. Apalagi, melakukan office affair untuk penuh dengan konsekuensi, lho, di antaranya:

1. Menghancurkan Hubunganmu dengan Pasangan

Yup, alasan utama perilaku ini perlu dihindari adalah demi menjaga hubunganmu dengan pasangan dan menghargai perasaannya.

Tentu bukanlah hal yang baik, bijak, dan worth it meninggalkan pasanganmu serta menghancurkan segala kepercayaan, pemahaman, dan memori yang telah dibangun lama.

2. Bisa Menimbulkan Gosip

Alasan lainnya untuk tidak melakukan hubungan asmara jenis ini adalah dapat menimbulkan gosip antar karyawan di tempat kerja.

Tentunya, menjadi bahan gosip orang lain bukanlah hal yang nyaman. Tak hanya merusak hubunganmu dengan rekan kerja lain, hal ini juga dapat mengganggu kinerjamu.

3. Melanggar Kebijakan Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak perusahaan yang dengan tegas membuat kebijakan untuk melarang adanya hubungan romantis di tempat kerja.

Pasalnya bagi mereka, adanya hubungan semacam ini dapat mengganggu kinerja dan produktivitas, serta memperkeruh lingkungan kerja karena bisa menimbulkan konflik internal.

Oleh karena itu, hindari adanya hubungan pribadi macam ini di tempat kerja daripada karirmu yang menjadi ancamannya.

4. Bisa Berdampak Buruk pada Pekerjaan

At the end, dampak dari segala konsukensi yang terjadi adalah menurunnya kinerja dan produktivitasmu di tempat kerja.

Yah memang, menemukan seseorang yang membuat tertarik memang bisa menjadikan hari-harimu di tempat kerja jadi lebih berwarna.

Namun, jika ada konflik dari hasil office affair-mu, entah itu dengan rekan kerja atau pun pasanganmu yang sesungguhnya, bukannya itu malah mengganggu pekerjaanmu?

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu office affair beserta penyebab dan konsekuensinya yang perlu kamu ketahui.

Tak hanya merusak hubungan dengan pasangan asli, perilaku ini juga bisa menimbulkan konsekuensi lainnya yang sebaiknya dihindari. So, what do you think, Briefee?

Anyway, jika kamu tertarik untuk membaca insight lain seputar dunia pekerjaan, yuk baca artikel lainnya di web Stories from BRIEFER!

Baca juga: