5 Contoh Penerapan CSR di Perusahaan Terkenal di Indonesia

Contoh penerapan csr di perusahaan

CSR merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan agar dapat bertindak lebih dari sekadar mencari keuntungan finansial, tetapi juga menghasilkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Terdapat berbagai manfaat yang akan diterima perusahaan jika menerapkan CSR, di antaranya yaitu peningkatan citra dan reputasi, serta penciptaan hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan.

Apa saja contoh penerapan CSR di perusahaan? Artikel berikut akan menjelaskan beberapa contoh program CSR pada perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia, yuk simak!

Apa itu CSR?

CSR atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan.

Melalui CSR, perusahaan melaksanakan sebuah program yang memiliki manfaat secara luas bagi masyarakat, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Bagi perusahaan, melaksanakan program CSR dapat membantu membangun citra dan reputasi positif di hadapan publik.

Karena berkaitan dengan berbagai pihak eksternal, public relation atau PR perusahaan berperan dalam menyusun, merencanakan, dan mengkoordinasi program CSR.

Tak hanya itu, PR juga bertugas untuk mengomunikasikan dan menyebarluaskan informasi mengenai CSR kepada masyarakat, misalnya melalui penerbitan press release.

Contoh Penerapan CSR di Perusahaan

Ada beberapa contoh penerapan CSR pada perusahaan di Indonesia, di antaranya yaitu:

1. PT Pertamina – Pinky Movement

Program CSR dari Pertamina, Pinky Movement
Program CSR dari Pertamina, Pinky Movement (sumber: Republika.co.id)

Contoh penerapan CSR di perusahaan yang pertama datang dari PT Pertamina melalui program CSR unggulannya, Pinky Movement.

Pinky Movement merupakan program CSR yang berfokus pada peningkatan kewirausahaan, mulai dari pendanaan usaha, pembinaan, sertifikasi, hingga penghargaan UMK.

Tak hanya itu, program Pinky Movement juga disebut melibatkan usaha kecil berupa pangkalan LPG dan pengguna LPG bersubsidi untuk beralih ke LPG non subsidi.

Jadi, para pengusaha toko ritel skala kecil ikut berperan dalam penggunaan produk Bright Gas guna menekan penggunaan produk gas subsidi yang tidak tepat sasaran.

2. PT Unilever Indonesia – Water Stewardship

Salah satu contoh penerapan CSR pada PT Unilever Indonesia adalah Water Stewardship. Program tersebut dilaksanakan sebagai respon atas krisis air bersih yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mewujudkan program CSR tersebut, PT Unilever Indonesia memulainya di empat masjid di wilayah Jadebek, yaitu Masjid Istiqlal, Masjid Arief Rahman Hakim – UI Salemba, Masjid Ukhuwah Islamiyah – UI Depok, dan Masjid Agung At-Tin.

Unilever menyerahkan 1 unit gerobak listrik yang membawa tangki air untuk kebutuhan di lingkungan masjid. Air yang diserahkan merupakan hasil daur ulang dan penampungan air hujan.

Tak hanya itu, PT Unilever Indonesia juga menempatkan materi edukasi tentang hemat air keempat masjid tersebut yang berpotensi menjangkau 26 ribu jamaah tiap harinya.

3. PT Pegadaian – The Gade Creative Lounge

TGCL UNJ CSR Pegadaian
TGCL Unmul sebagai salah satu CSR Pegadaian (sumber: suara.com)

Dalam bidang pendidikan, PT Pegadaian telah berperan aktif dalam membangun The Gade Creative Lounge di berbagai universitas di Indonesia, seperti UNJ, Unmul, UB, hingga UNAIR.

The Gade Creative Lounge atau yang biasa disingkat TGCL merupakan tempat yang bisa digunakan mahasiswa untuk berkumpul dan menuangkan ide kreatifnya.

Tempat ini didesain dengan konsep co-working space mini yang berisi sarana prasarana, mulai dari LCD, komputer, hingga perpustakaan kecil.

4. PT PLN – Co-Firing

Salah satu program CSR PT PLN yang cukup dikenal adalah Co-Firing. Program ini berfokus pada pengembangan pengolahan biomassa sebagai subtitusi batubara pada PLTU.

Biomassa yang digunakan di antaranya yaitu serbuk gergaji, bonggol jagung, cangkang sawit, bahan bakar jumputan padat, serta serpihan kayu.

Melalui program ini, PLN bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah dan instansi untuk melakukan pemberdayaan masyarakat guna mengolah biomassa menjadi energi.

Selain membantu menekan emisi karbon, program ini juga berdampak pada penurunan biaya operasional perusahaan dan peningkatan penjualan energi listrik.

5. Indosat Ooredoo Hutchison – SheHacks

Program SheHacks yang diinisiasi Indosat Ooredoo Hutchison
Program SheHacks yang diinisiasi Indosat Ooredoo Hutchison (sumber: Media Indonesia)

SheHacks merupakan program CSR Indosat Ooredoo Hutchison yang bertujuan untuk menghapus adanya kesenjangan gender dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi.

Program ini berfokus untuk membantu para enterpreneur dan pelaku bisnis perempuan. Menurut mereka, perempuan merupakan agent of change yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Pada SheHacks 2023 lalu, Indosat menghadirkan 3 program, yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact, dan She(Hacks) Improve.

Baca juga: Cara agar program CSR bisnismu tepat sasaran

Itulah dia penjelasan lengkap tentang contoh penerapan CSR di perusahaan terkenal di Indonesia, mulai dari Pinky Movement hingga SheHacks.

CSR merupakan salah satu program penting yang perlu dilakukan perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial guna meningkatkan citra dan reputasi di mata masyarakat umum.

Nah, jika kamu membutuhkan konsultasi di bidang humas atau public relation guna meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, yuk percayakan pada BRIEFER!

BRIEFER menyediakan berbagai konsultan berpengalaman di bidang komunikasi, terutama public relation dan marketing, yang telah dipercaya banyak perusahaan ternama di Indonesia.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk segera hubungi kontak kami melalui e-mail hello@briefer.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *