Hewan peliharaan menjadi influencer di media sosial?

Influencer merupakan sebutan yang saat ini tidak asing di telinga masyarakat khususnya di dunia digital.

Sebutan influencer sering digunakan untuk orang-orang di media sosial yang memiliki banyak pengikut dan bahkan telah menjadi sebuah pekerjaan.

Namun, profesi influencer sekarang tidak hanya untuk manusia saja lho Briefee, tetapi ada juga hewan peliharaan yang mendapat sebutan influencer. Fenomena ini disebut dengan Petfluencers.

Lalu apa itu petfluencer dan mengapa begitu digemari? yuk kita bahas pada artikel ini.

Apa itu petfluencer?

Petfluencer adalah istilah yang digunakan kepada hewan peliharaan yang memiliki akun media sosial dan mempengaruhi pengikut mereka dengan konten yang lucu, menggemaskan, serta informatif.

Para hewan peliharaan ini, sering kali memiliki banyak pengikut yang tertarik dengan kehidupan sehari-hari, kepribadian dan aktivitas dari sang hewan tersebut.

Hewan peliharaan yang mendapat sebutan petfluencer bisa berupa kucing, anjing, kelinci, atau hewan peliharaan lainnya.

Mengapa petfluencer begitu digemari masyarakat di media sosial?

Hal ini berawal dari para pemilik hewan peliharaan yang sering mengunggah foto atau video lucu, menggemaskan, serta menghibur. Pada unggahan tersebut menampilkan hewan peliharaan mereka dalam berbagai situasi.

Dengan konsistensi para pemilik hewan tersebut dalam mengunggah konten, para pengikut yang biasanya pecinta hewan mulai mengikuti akun tersebut sehingga para hewan tersebut memiliki banyak pengikut.

Tahukah kamu Briefee, saat ini petfluencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi tren, perilaku pembelian, dan pandangan umum tentang hewan peliharaan.

Banyak brand dan perusahaan yang tertarik dalam bekerja sama dengan petfluencer untuk mempromosikan produk atau layanan yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

Ini bisa menjadi alat pemasaran yang efektif karena pengikut cenderung merasa terhubung secara emosional dengan hewan peliharaan dan dapat merespons positif terhadap rekomendasi dari petfluencer yang mereka ikuti.

Banyak Petfluencer yang kini mendapat pamor tinggi di masyarakat, salah satunya yaitu @Jiffpom.

Jiffpom merupakan anjing berjenis Pomerian yang berasal dari Amerika Serikat. Dikutip dari allaboutcats.com, hewan yang menduduki peringkat pertama ini memiliki 9,5 juta followers.

Tak hanya lucu dan menggemaskan, anjing ini memecahkan rekor dunia sebagai anjing yang memiliki lari tercepat di kaki belakang (6,56 detik) dan lima meter tercepat di kaki depan (7,76 detik).

Bahkan Jiffpom pernah masuk ke dalam video musik Katty Perry yang berjudul Dark Horse. Bayaran Jiffpom dalam sekali posting instagram yaitu US$ 32.906 atau Rp 514 juta.

Di Indonesia, petfluencer yang cukup terkenal ada @zeeandbagel yang mana username tersebut berasal dari Zee (sang pemilik) dan Bagel anjing kesayangannya.

Bagel saat ini memiliki jumlah pengikut sebesar 240.000 di Tiktok karena sering mengunggah video review makanan sehat untuk anjing.

Menurut Zee sang owner, hal terseru selama menjadi petfluencer adalah mendapat kesempatan untuk mencoba hal baru, dan jadi peluang berkarya yang bisa menghasilkan pendapatan.

Kedua hewan peliharaan di atas, merupakan bukti bahwa menjadi petfluencer dapat menghasilkan uang lho. Hal ini karena semakin banyak pengikut mereka di media sosial, para brand percaya untuk mengendorse hewan tersebut atau bahkan menawarkan iklan.

Kepercayaan para brand datang dari adanya rasa percaya bahwa pengikut setia para petfluencer akan menggunakan barang atau hal yang sama untuk hewan peliharaan kesayangannya.

Nah, apakah kamu tertarik membuat hewan peliharaan mu menjadi Petfluencer Briefee?

Kunjungi stories.briefer.id untuk artikel seru lainnya dari studi kasus, industri komunikasi hingga pembahasan yang sedang trending saat ini. See ya!