Ragam Unforgettable Campaign yang Menghiasi Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan momen yang istimewa bagi umat muslim. Saat bulan suci Ramadhan tiba, beragam campaign iklan hadir untuk ikut memeriahkan bulan ini. Campaign khas Ramadhan secara khusus ditayangkan selama bulan puasa berlangsung. Seringkali sisi emosional ditujukan para brand kepada audiensnya makanya tidak heran campaign Ramadhan banyak yang menyentuh hati.

Apa saja campaign yang sering menghiasi bulan suci ini?

1.Ramayana Department Store

Pada tahun 2017, iklan Ramayana mengusung tema kekeluargaan yang menyentuh hati bahkan menjadi iklan Ramadhan terbaik di tahun itu. Apakah kamu tahu iklannya Briefee?

Iklan Ramayana spesial Ramadhan mengisahkan tentang nenek yang selalu menyuruh keluarganya puasa bahkan sering berkunjung ke Ramayana untuk membeli baju lebaran. Singkat cerita ternyata sang nenek mengidap penyakit demensia sehingga ingatannya selalu berpusat saat bulan puasa. Cerita istimewa ini berhasil menyentuh hati banyak penonton dalam kanal youtube mereka.

2.Sirup Marjan

Produk sirup ini identik dengan bulan puasa karena muncul saat Ramadhan tiba. Sirup Marjan memiliki ciri khasnya tersendiri saat membuat iklan contohnya yaitu dengan mengangkat unsur nusantara sejak tahun 2010. Menampilkan iklan berupa serial selama sebulan penuh membuat masyarakat tertarik untuk menunggu kelanjutan dari iklan sirup marjan. Tahun ini mereka mengangkat tema “Baruna Sang Penjaga Samudra” dan berhasil menjadi perbincangan karena kualitas iklannya dianggap menyaingi film superhero.

3.Indomie

Selanjutnya campaign milik mie instan kesayangan Indonesia yang juga turut hadir memeriahkan bulan puasa dengan jingle khas di setiap iklan edisi Ramadan mereka, “Indomie Seleraku”. Namun saat Bulan Ramadhan, iklan yang ditampilkan hanya berupa piring tanpa mie di dalamnya karena sedang berpuasa. Piring kosong tersebut diberi tulisan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

4.Energen

Energen merupakan minuman sereal yang juga turut memeriahkan bulan puasa dengan campaignnya. Iklan Energen biasa hadir menjelang adzan maghrib karena berisikan suara bedug. Tak jarang suara bedug dari iklan ini sering menggocek para pemirsa yang sedang bersiaga melahap hidangan berbuka puasa. Walaupun iklan energen sederhana, tapi sangat cocok dan mudah teringat oleh para pemirsa. Pernahkah kamu terkecoh dengan iklan energen Briefee?

5.Gojek  

Terakhir ada gojek, yang ikut mengusung campaign Bulan Ramadhan. Gojek ditahun 2018 membuat iklan Ramadhan dengan tagline “Cari Pahala” dengan anak kecil sebagai pemeran utama.

Campaign Cari Pahala seolah memperlihatkan bahwa Gojek siap membantu para pelanggan ketika bulan puasa dari mencari makanan sahur, buka puasa, mengantar pulang pergi dan bahkan mengirim parsel. Gojek ini berhasil meningkatkan pesanan Go-Food saat sahur dan juga pesanan Go-Ride ke masjid selama Bulan Ramadhan dengan campaign tersebut.

Itu dia Briefee beberapa campaign iklan yang biasa ikut memeriahkan dan mewarnai Bulan Ramadhan. Kalau menurutmu, campaign apa yang paling memberhasil memberi kesan? Yuk komen di bawah!