Op-ed: Definisi, Kegunaan, Contoh, dan Cara Menulisnya

woman with smartphone laptop

Op-ed adalah salah satu bentuk tulisan opini yang sering kita temui di media massa mengenai isu tertentu, entah itu politik, sosial, ekonomi, hingga lingkungan.

Tulisan opini jenis ini menawarkan ruang bagi penulis untuk menyampaikan sudut pandangnya yang berbeda dan mendorong diskusi publik terhadap isu tertentu.

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Op-Ed?

Op-ed atau yang biasa disingkat dengan “opposite the editorial” adalah tulisan berbentuk artikel opini yang ditulis bukan oleh tim redaksi dari suatu media.

Jadi, artikel jenis ini ditulis oleh seseorang yang memiliki kualifikasi untuk memberikan suatu opini terhadap topik tertentu.

Biasanya, penulis merupakan orang atau organisasi yang punya status sosial, kekuasaan, pengaruh, atau keahlian dalam bidang tersebut.

Misalnya, seorang CEO atau spesialis bidang tertentu di sebuah perusahaan menyuarakan opini profesionalnya berdasarkan pengalaman dan wawasan industri.

Op-ed juga bisa ditulis dengan bantuan jasa penulis lepas atau dari agensi Public Relations (PR) agar opini yang ingin dikomunikasikan tersampaikan dengan baik.

Umumnya, terdapat riwayat singkat atau biografi penulis yang menyertai opposide the editorial untuk memberikan jaminan kredibilitas terhadap opini yang ditulis.

contoh biografi singkat penulis op-ed

Setelah ditulis, op-ed kemudian dipublikasikan melalui media, baik media online maupun media cetak, dan diletakkan di tempat di mana pembaca akan sering melihatnya.

contoh peletakkan op-ed pada homepage media online

Kegunaan Op-Ed

Berbeda dari artikel berita atau feature, opposite the editorial lebih berfokus untuk memberikan sudut pandang subjektif dari penulis.

Jadi, tujuannya adalah untuk mengajak pembaca agar dapat berpikir lebih kritis atau bahkan ikut terlibat dalam perdebatan mengenai topik tertentu.

Adapun kegunaan op-ed antara lain:

1. Menawarkan Perspektif Baru

Op-ed memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyajikan sudut pandang yang mungkin tidak ditemukan di laporan berita atau editorial standar.

Misalnya, seorang ahli dapat memberikan analisis yang lebih mendalam mengenai perubahan iklim dibandingkan liputan berita umum.

2. Memengaruhi Kebijakan Publik

Baik dari perspektif warga sipil atau pun bisnis, op-ed yang ditulis dengan baik memiliki potensi untuk mempengaruhi pembuatan kebijakan yang berpihak pada masyarakat atau perusahaan tersebut.

Sebab, opini yang dibaca oleh banyak orang bisa mendorong perdebatan publik, yang akhirnya mempengaruhi pengambilan keputusan politik atau ekonomi.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Menulis op-ed adalah cara bagi seorang ahli atau profesional, hingga perusahaan, untuk menonjolkan keahliannya dalam bidang tertentu.

Hal ini bisa menjadi langkah strategis dalam membangun reputasi atau memperluas jaringan, baik secara profesional maupun publik.

Contoh Op-Ed

Op-ed banyak dimuat di media online dengan kategori “op-ed”, “opini”, hingga “kolom”. Berikut contohnya:

Contoh Op-ed

Cara Menulis Op-Ed

Jika kamu atau bisnismu tertarik untuk menulis artikel opini jenis ini, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Pahami Audiens

Setiap tulisan, termasuk op-ed, harus memiliki audiens atau pembaca yang ingin ditargetkan, entah itu masyarakat umum, para profesional di industri tertentu, atau bahkan pembuat kebijakan.

Berkenaan dengan ini, pahami dulu nilai-nilai dan sikap audiens yang ingin ditargetkan tersebut, serta pikirkan bagaimana tulisanmu bisa relevan bagi mereka.

Kemudian, cobalah untuk menggali apakah ada manfaat yang jelas bagi pembaca, serta cara menyajikan informasi dengan menarik.

Pikirkan juga apakah audiensmu memiliki prasangka tertentu terhadap topik yang ingin di bahas. Jika iya, pikirkan bagaimana kamu bisa mengatasinya dengan bahasa yang tepat.

2. Memilih POV yang Tepat

Penulis op-ed bisa mengambil tiga sudut pandang dalam tulisannya, yaitu sebagai saksi, praktisi, atau ahli.

Saksi memberikan kesaksian langsung tentang suatu masalah, sering kali mengandalkan narasi yang kuat dan berpusat pada pengalaman manusia.

Di lain sisi, praktisi berbicara dari pengalaman dan pengetahuannya sendiri dalam menangani masalah tertentu, sehingga narasi yang ditulis biasanya berfokus pada solusi.

Sementara itu, ahli menyampaikan pandangan dan opini dari sudut pandang ilmu pengetahuan atau kebijakan yang ada.

Dengan menentukan sudut pandang yang akan digunakan, kamu bisa lebih mudah dalam menyusun narasi dan menuangkan argumen dalam tulisanmu.

3. Struktur Deduktif yang Jelas

Struktur op-ed yang baik biasanya dimulai dengan memberikan konteks yang memadai di paragraf pertama, dilanjutkan dengan argumen utama di paragraf kedua.

Kemudian, setiap poin harus diuraikan dengan jelas, menggunakan bukti dan analisis yang diperinci dalam paragraf-paragraf terpisah.

Penting untuk menjaga agar tulisan tetap fokus dan to-the-point, sambil memastikan argumen tersampaikan dengan logis.

4. Menyajikan Kontrapoin dan Rebuttal untuk Meningkatkan Kredibilitas

Menyajikan argumen tandingan dapat meningkatkan kredibilitas tulisan, terutama bagi audiens yang skeptis.

Kontrapoin yang baik menunjukkan bahwa kamu telah mempertimbangkan sudut pandang lain dan siap untuk meresponnya.

Hindari argumen lemah dan fokuslah pada kritik yang paling relevan terhadap pandanganmu, lalu jawab dengan rebuttal.

Rebuttal adalah bagian di mana kamu membantah kontrapoin dengan memperkenalkan subklaim baru atau memperluas analisis sebelumnya.

Penting untuk mengatasi kritik dengan cara yang masuk akal dan logis, serta menyajikan bukti tambahan jika diperlukan untuk memperkuat klaim.

6. Tutup Tulisan dengan Call-to-Action yang Kuat dan Realistis

Sebuah op-ed yang baik biasanya diakhiri dengan ajakan yang kuat. Jadi, setelah menyajikan argumen dan mengatasi kontrapoin, pastikan untuk mengakhiri tulisan dengan ajakan yang jelas dan realistis.

Inilah saatnya mengajak pembaca untuk bergerak atau mengambil tindakan tertentu yang mendukung argumen yang telah dibangun, seperti menyerukan boikot, isi petisi, dan semacamnya.

Hubungi BRIEFER untuk Jasa Penulisan Op-Ed

Jika bisnismu membutuhkan bantuan dalam menulis op-ed yang efektif untuk membangun kredibilitas dan citra positif bisnis Anda, BRIEFER siap membantu.

Melalui BRIEFER, bisnismu dapat terhubung langsung dengan spesialis PR profesional yang akan menulis op-ed sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain penulisan op-ed, BRIEFER juga menyediakan jasa pembuat dan publikasi press release, media monitoring, media relations, dan training.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website BRIEFER dan konsultasikan kebutuhan bisnismu kepada kami sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *