Apa itu SEO TikTok? – Faktor yang Mempengaruhi & Cara Optimasinya

social media tiktok

Apakah kamu pernah mendengar SEO TikTok?

TikTok merupakan platform media sosial yang akhir-akhir ini sedang digandrungi warganet. Selain karena menghadirkan cara baru dalam menikmati konten, algortima TikTok cukup berbeda dengan media sosial lainnya.

Di TikTok, user biasa dapat memproduksi konten yang dengan mudah menjadi viral atau masuk FYP (For Your Page). Hal inilah yang membuat banyak pengguna bisa meraih popularitas dalam waktu singkat melalui TikTok.

Namun, sebagian besar konten-konten yang diproduksi user biasa menjadi viral karena sebuah kebetulan atau tidak disengaja.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi content creator atau memasarkan produk melalui TikTok, diperlukan strategi agar konten yang diproduksi terus-menerus laris.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai apa itu SEO TikTok, faktor-faktor yang memengaruhi, serta cara kerjanya. Simak!

Apa itu SEO TikTok?

Sebelumnya, kamu mungkin pernah mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization) dalam konteks search engine, seperti Google.

Selain Google, media sosial seperti TikTok juga memiliki algoritmanya sendiri tentang bagaimana konten-konten yang diproduksi pengguna bisa tampil di FYP atau laman hasil pencarian.

Nah, SEO TikTok adalah strategi optimasi agar kontenmu muncul di halaman FYP dan memeroleh peringkat lebih tinggi di search result TikTok sehingga lebih mungkin dilihat oleh target audiens.

Seperti yang kita tahu, FYP merupakan halaman beranda yang menampilkan konten baru setiap kita men-scroll down. Konten-konten yang bisa muncul d FYP pengguna tentunya ditentukan oleh algoritma TikTok.

TikTok biasanya akan menampilkan konten-konten yang sesuai preferensi pengguna berdasarkan perilakunya, seperti apa yang pengguna cari, sukai, tonton, komen, dan lain sebagainya.

Kemudian, TikTok juga memiliki fitur search yang bisa digunakan pengguna untuk mencari konten sesuai keyword tertentu yang dimasukkan.

Mengapa SEO TikTok Penting?

Dengan memahami SEO TikTok, kamu bisa menerapkan strategi optimisasi yang memungkinkan kontenmu untuk muncul di FYP dan search result.

Jadi, seperti halnya SEO pada website yang memanfaatkan keyword dalam konten agar muncul di SERP, SEO pada platform TikTok pun juga sama.

TikTok memang secara teknis bukan search engine seperti Google. Namun, TikTok memiliki fitur search, yang mana menurut data, 40% orang muda menggunakan TikTok salah satunya untuk mencari sesuatu.

Oleh karena itu, memahami SEO untuk platform media sosial yang satu ini penting, terutama jika kamu adalah seorang content creator atau pembisnis yang ingin memasarkan produk melalui konten di TikTok.

Faktor yang Mempengaruhi SEO TikTok

Apa saja yang membuat sebuah konten bisa masuk FYP pengguna lain atau memperoleh peringkat atas di search result TikTok?

Secara mengejutkan, jumlah pengikut tidak termasuk dalam faktor yang memengaruhinya. Lalu apa? Berikut beberapa faktornya:

1. Interaksi Pengguna

Pernahkah kamu menyukai atau mengomentari suatu postingan dengan topik tertentu, kemudian unggahan dengan topik serupa terus-menerus pun muncul di laman FYP-mu?

Nah, interaksi pengguna memang termasuk ke dalam faktor yang memengaruhi SEO TikTok. Tak hanya likes dan comment, ini juga mencakup video yang kamu favoritkan, video yang kamu tonton sampai habis, dan lain sebagainya.

Jadi, TikTok merekam semua perilakumu untuk menentukan mana konten atau topik yang akan muncul di FYP-mu ke depannya.

2. Informasi dalam Video

Semua informasi yang ada di dalam video, seperti caption, hashtag, sound effect, musik, filter, bahkan on-screen text bisa memengaruhi peringkat video di search result TikTok.

Jadi, TikTok akan mencari video yang paling relevan dengan kata kunci yang dimasukkan, sama halnya seperti SEO di search engine.

3. Nilai yang Diberikan

Pernahkah kamu menonton video TikTok yang lewat di FYP sampai selesai, meskipun durasinya cukup panjang? Jika iya, itu artinya kamu menyukai atau tertarik dengan konten tersebut bukan?

Nah, jika suatu konten banyak ditonton hingga selesai oleh audiens, maka itu berarti konten tersebut memberikan value lebih kepada penonton. TikTok pun akan semakin mempromosikan konten tersebut ke lebih banyak pengguna.

Oleh karena itu, pastikan membuat konten yang memberikan value lebih agar membuat audiens betah untuk menontonnya sampai selesai, bahkan hingga mengulang-ulangnya.

4. Pengaturan Akun

Pengaturan setiap akun, seperti preferensi bahasa, negara, hingga tipe ponsel, juga berpengaruh pada bagaimana konten disajikan kepada tiap pengguna. Namun, ini termasuk ke dalam faktor minor.

Cara Optimasi SEO TikTok

Jika kamu tertarik berkarya melalui TikTok, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar kontenmu bisa viral:

1. Ikuti yang Sedang Tren

TikTok merupakan platform media sosial yang kerap kali menjadi tempat munculnya tren viral, mulai dari audio, filter, filter, jenis konten, hingga gaya penyuntingannya.

Misalnya saja konten berikut:

Ada setidaknya dua tren dalam konten tersebut: 1) tren “_ adalah maut” yang terinspirasi dari film “Ipar adalah Maut”, serta 2) lagu Mahalini – Bawa Dia Kembali yang sedang viral di platform TikTok.

Jika kita memeriksa profil pengguna yang mengunggahnya, konten di atas memperoleh 8,9 juta viewers, menjadikannya konten dengan penonton terbanyak kedua di akun tersebut. `

Inilah bukti bahwa membuat jenis konten yang sedang tren dapat membantu meningkatkan engagement dan visibilitas konten untuk muncul di FYP pengguna lain. Namun, hal ini tentu juga dibarengi dengan kualitas konten yang baik.

Jadi, cobalah untuk membuat konten-konten yang sedang tren dan diminati pengguna, tetapi tetap relevan atau sesuai dengan fokus bisnismu

2. Sertakan Kata Kunci

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu faktor SEO TikTok adalah informasi yang ada pada konten, seperti caption, hashtags, hingga on-screen text.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan riset keyword terlebih dahulu dan terapkan kata kunci tersebut pada kontenmu.

Untuk melakukan riset keyword, kamu dapat menggunakan tools yang ada di internet atau memanfaatkan search bar di TikTok.

Misalnya, bisnismu bergerak di bidang kecantikan dan ingin membuat konten tentang skincare. Namun, konten tentang skincare yang bagaimana yang dibutuhkan audiens?

Kamu bisa mengetikkan di search bar seperti ini:

search bar tiktok

Nantinya, akan muncul rekomendasi kata kunci yang sering dicari pengguna. Nah, kamu bisa memilih salah satu yang muncul.

Kemudian, jika kamu sudah memilih salah satunya, coba klik dan lihat bagaimana gaya konten atau penyajiannya yang disukai pengguna.

Lalu, setelah kamu menentukan kata kunci dan membuat kontennya, sertakan keyword tersebut pada caption, hashtag, teks yang ada pada isi video, dan lain sebagainya.

3. Buat Konten yang Relate dengan Pengguna

Konten dengan jumlah share yang banyak berarti konten tersebut sesuai dengan audiens, sehingga mereka ingin orang lain turut melihatnya.

Nah, TikTok menyukai konten yang banyak dibagikan ke pengguna lain. Atas asumsi tersebut, TikTok akan semakin memunculkan konten tersebut di FYP lebih banyak pengguna.

Oleh karena itu, penting untuk membuat konten yang memang relevan, disukai, dan dibutuhkan oleh target audiensmu.

4. Berinteraksi dengan Audiens

Berinteraksi dengan audiens yang berkomentar di videomu, seperti memberinya likes atau reply, juga bisa bermanfaat untuk mem-boosting kontenmu.

Jadi, jika ada pengguna yang memberi komentar, cobalah berinteraksi dengannya dengan menyukai atau membalas komentarnya.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang apa itu SEO TikTok, mulai dari pengertian, faktor yang memengaruhi, hingga cara optimasinya.

Mengingat TikTok kini merupakan platform media sosial yang semakin masif digunakan, terutama oleh anak muda, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan TikTok sebagai salah satu saluran pemasaran untuk bisnismu.

Yuk, baca artikel lainnya seputar dunia bisnis dan strategi pemasaran di website Stories from BRIEFER sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *