5 Strategi Marketing Gacoan, Jadi Rajanya Kedai Mie!

outlet mie gacoan

Mie Gacoan dapat dibilang merupakan salah satu pendatang baru di dunia kuliner. Namun, kesuksesannya membuat kita bertanya-tanya, bagaimana strategi marketing Gacoan?

Dengan berbagai pendekatan inovatif, Gacoan berhasil menarik perhatian banyak konsumen dan membangun basis pelanggan yang loyal.

Artikel ini akan mengulas apa saja upaya yang dilakukan Mie Gacoan sehingga membuatnya menjadi salah satu raja kedai mie di Indonesia. Yuk, simak!

Apa itu Mie Gacoan?

Mie Gacoan merupakan restoran mie yang pertama kali didirikan pada tahun 2016 di Kota Malang, Jawa Timur, di bawah naungan PT Pesta Pora Abadi.

Kata “Gacoan” sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang berarti jagoan atau andalan, sehingga harapannya kedai mie ini menjadi andalan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Nama tersebut pun bak menjadi doa. kini, mie gacoan sudah memiliki sekitar 10 ribu karyawan dengan omset lebih dari Rp100 juta per hari.

Jika kamu melihat outlet Mie Gacoan, kamu pasti akan melihat antrean panjang yang mengular. Yup, meskipun punya banyak outlet, bahkan di kota yang sama, Mie Gacoan tidak pernah sepi!

Strategi Marketing Gacoan

Berikut uraian lengkapnya.

1. Menawarkan Mie dengan Harga yang Ramah Kantong

Mie gacoan menawarkan menu makanan dan minuman yang terbilang sangat ekonomis, bahkan untuk outlet-nya yang berada di kota metropolitan seperti Jakarta.

Coba bayangkan, untuk membeli menu mie dan minuman termurah di Gacoan, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp13.600 saja!

Tawaran harga yang ekonomis inilah yang menarik banyak pelanggan untuk memilih mie gacoan dibanding kedai mie lainnya.

2. Buka Cabang di Mana-Mana

Strategi marketing Gacoan selanjutnya adalah banyak membuka cabang di berbagai kota dengan lokasi-lokasi yang strategis.

Pertama kali didirikan pada tahun 2016 di Kota Malang, kedai Mie Gacoan kini sudah memiliki lebih dari 100 outlet di seluruh Indonesia dengan persebaran terbanyak di Pulau Jawa dan Bali.

Dengan banyaknya cabang tersebut, pelanggan pun akan mudah menemukan outlet Mie Gacoan bahkan ketika sedang berlibur atau transit di kota lain.

Selain itu, dengan memperluas jaringan cabang, Gacoan juga dapat membangun brand awareness yang lebih kuat di berbagai daerah.

3. Menawarkan Menu Lain selain Mie

Selain mie, Gacoan juga menawarkan jenis-jenis dimsum yang tak kalah menarik, yaitu dimsum, udang rambutan, udang keju, lumpia udang, serta pangsit goreng.

Bahkan, selain mie, udang keju merupakan salah satu menu favorit yang biasa dibeli pelanggan saat berkunjung ke Mie Gacoan.

Pemilihan menu Gacoan dapat dibilang merupakan strategi yang tepat. Pasalnya, dimsum adalah camilan yang memang banyak dipesan masyarakat Indonesia, terutama melalui layanan pesan-antar.

Jadi, pemilihan dimsum sebagai menu makanan lain selain mie di kedai Mie Gacoan menandakan bahwa mereka memahami selera pasar.

4. Memanfaatkan Content Marketing

Strategi marketing Gacoan selanjutnya adalah menjalankan pembuatan konten kreatif, terutama melalui Instagram Mie Gacoan.

Di Instagram Mie Gacoan dengan username @mie.gacoan, mereka aktif membagikan konten mengenai promo, info terbaru, hingga kuis atau games.

Ini merupakan upaya Gacoan untuk meningkatkan visibilitas dan engagement dengan pelanggan, utamanya di dunia maya.

Selain itu, konten yang menarik dan relevan ini membantu membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen, serta meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap brand.

5. Nama Menu yang Unik

Menu mie dan minuman di Gacoan terkenal dengan nama-namanya yang unik, membuatnya berbeda dari pesaing sekaligus mudah diingat pelanggan.

Sebelumnya, menu mie dan minuman di Gacoan diberi nama Mie Angel, Mie Setan, Mie Iblis, Es Genderuwo, Es Pocong, Es Tuyul, dan Es Sundel Bolong.

Namun kemudian, namanya diubah jadi tak kalah unik, yaitu Mie Suit, Mie Hompimpa, Mie Gacoan, Es Gobak Sodor, Es Petak Umpet, Es Teklek, dan Es Sluku Bathok, seperti nama permainan anak-anak.

Nama-namanya yang unik tersebut tak hanya menarik perhatian, tetapi juga dapat membantu menciptakan word-of-mouth marketing yang efektif.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang strategi pemasaran Gacoan sebagai pemain baru dalam bisnis F&B di Indonesia.

Semoga insight ini bermanfaat, ya, Briefee! Jika kamu tertarik membaca insight seputar pemasaran dan bisnis lainnya, yuk kunjungi Stories from BRIEFER sekarang juga!