Antara Kreativitas dan Optimasi: Memahami Perbedaan Artikel Blog dan Artikel SEO

Artikel SEO (Search Engine Optimization) dan artikel blog merupakan konten digital yang paling sering kita temui. Keduanya sama-sama bertujuan untuk menyalurkan informasi dan menarik perhatian pembaca. Walaupun tujuannya sama, tetapi ada beberapa perbedaan antara artikel SEO dengan artikel blog. Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya Briefee~

  1. Fokus Utama 

Artikel SEO biasanya akan berfokus pada optimasi pada mesin pencari dan bertujuan untuk meningkatkan peringkat visibilitas web. Biasanya, optimasi dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang relevan atau elemen SEO lainnya. 

Sedangkan, artikel blog biasanya fokus utamanya adalah untuk menjalin relasi dan membangun interaksi dengan para pembaca. Sehingga, indikator utama kesuksesan artikel blog adalah komentar dan diskusi hangat yang terbangun antara penulis dan pembaca. 

  1. Struktur Penulisan

Struktur penulisan artikel SEO cenderung lebih memperhatikan heading (H1, H2, H3, dll) dan subheading. Penggunaan heading dan subheading ini dapat membantu mesin pencari untuk memahami urutan informasi dalam artikel. Sehingga, optimasi yang dilakukan lebih maksimal. Faktor ini membuat setiap paragrafnya jadi lebih ringkas karena disertai dengan poin-poin yang jelas. 

Di sisi lain, artikel blog sifatnya lebih fleksibel dan tidak ada ketentuan struktur penulisannya. Sehingga, paragrafnya cenderung lebih panjang dan seringkali sifatnya storytelling

  1. Topik Penulisan 

Dalam artikel SEO, pemilihan topik penulisan biasanya harus selaras dengan kata kunci yang ditargetkan. Misalnya, jika kata kunci yang ingin dituju adalah “Komunikasi Politik”, maka artikel yang ditulis harus berkaitan dengan topik tersebut. Mulai dari definisi komunikasi politik hingga tips dalam berkomunikasi politik. 

Sedangkan, artikel blog biasanya pemilihan topiknya lebih fleksibel dan disesuaikan kembali dengan keinginan penulis. Sehingga, penulis dapat lebih bebas dalam mengeksplorasi topik, mulai dari pengalaman pribadi, pendapat hingga analisis pribadi mengenai suatu isu. 

  1. Gaya Bahasa

Dikarenakan tujuan utamanya adalah untuk melakukan optimasi kata kunci, gaya bahasa yang biasanya dipakai dalam artikel SEO cenderung lebih objektif dan informatif. Hal ini berguna agar penulis dapat lebih terfokus dalam memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi kepada pembaca melalui keyword yang telah di targetkan. 

Sedangkan, dalam artikel blog biasanya gaya bahasanya lebih sederhana, fun dan personal karena tujuan utamanya adalah untuk membangun relasi yang akrab dengan pembaca.

Nah, kira-kira Briefee lebih tertarik nulis yang mana nich? Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *