Press release atau siaran pers adalah jenis publikasi PR yang umum dikeluarkan oleh perusahaan, instansi, atau organisasi lainnya.
Biasanya, publikasi jenis ini dikeluarkan ketika perusahaan ingin launching sebuah produk atau mengadakan suatu acara.
Nah, jika kamu masih belum mengetahui tentang apa itu press release, artikel berikut akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk, simak!
Pengertian Press Release
Press release adalah suatu bentuk publikas yang bertujuan untuk memberitahu atau mengumumkan sebuah informasi tentang peristiwa, kegiatan, acara, atau topik tertentu.
Umumnya, siaran pers dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi, lembaga pemerintah, bahkan individu yang ditunjukkan kepada publik dan media massa.
Dengan adanya siaran pers ini, maka publik akan tahu mengenai apa yang terjadi atau sedang dilakukan organisasi yang mengeluarkannya.
Isi dari siaran pers sendiri biasanya hanya berisi satu sampai dua halaman saja. Akan tetapi, informasi yang disampaikan haruslah komprehensif.
Selain itu, karena berperan sebagai media informasi atau publikasi resmi perusahaan, maka informasi yang disampaikan pun harus akurat dan ditulis dengan baik.
Tujuan Press Release
Terdapat beberapa tujuan umum dibuatnya press release perusahaan, yaitu:
- Menginformasikan kejadian penting pada publik
- Menarik perhatian media agar bisa diliput di surat kabar, radio, televisi, dan platform lainnya
- Membangun awareness publik terhadap suatu brand, produk, atau layanan
- Membentuk persepsi publik yang positif terhadap bisnis
Selain itu, siaran pers juga biasanya dilakukan sebagai media penyampaian informasi ketika ada isu atau krisis yang merugikan perusahaan.
Jadi, dengan memberikan penjelasan atau klarifikasi secara cepat, maka perusahaan pun dapat meminimalisasi dampak negatif yang mungkin terjadi.
Struktur Press Release
Adapun struktur press release adalah sebagai berikut:
1. Judul
Struktur press release yang pertama adalah judul. Dalam hal ini, judul haruslah dibuat semenarik mungkin dan mencerminkan keseluruhan isi informasi.
Selain itu, judul juga ditulis dengan kalimat aktif yang mengandung subjek dan predikat agar mudah dimengerti pembaca.
2. Tanggal
Pada bagian ini, kamu bisa menulis tanggal pembuatan siaran pers secara lengkap, mulai dari tanggal, bulan, hingga tahunnya.
Penulisan tanggal ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui kapan informasi tersebut ditulis, sehingga mereka bisa menilai apakah isi siaran pers relevan dan up-to-date atau tidak.
3. Teras Berita (Lead)
Teras berita atau lead merupakan kalimat pembuka dari siaran pers. Karena bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, maka teras berita harus ditulis dengan menarik.
Dalam lead, kamu perlu menulis tentang gambaran singkat atau pokok berita atas informasi yang ingin disampaikan. Pastikan untuk memenuhi unsur 5W+1H.
Contoh teras berita adalah sebagai berikut:
Jakarta, 6 Desember 2023 – BRIEFER resmi meluncurkan platform komunikasi berbasis cloud yang memungkinkan terciptanya manajemen komunikasi yang sehat di era digital.
4. Isi Berita
Isi berita dalam siaran pers berisi informasi detail mengenai pokok berita. Dalam hal ini, kamu harus menyajikan informasi secara teratur dan lengkap.
Kamu juga bisa memberikan data atau informasi yang dapat mendukung pokok berita. Umumnya, isi berita berisi lebih dari 2 paragraf.
Contoh Press Release
Jika kamu penasaran bagaimana contoh siaran pers, berikut disajikan beberapa referensi agar kamu makin paham:
1. Contoh Press Release Perusahaan Unilever
2. Contoh Press Release Kegiatan Kampus
3. Contoh Press Release Film
Cara Membuat Press Release
Bagi kamu seorang PR yang kebingungan membuat publikasi yang satu ini, berikut beberapa cara menulis press release:
1. Pilih Topik yang Ingin Diberitakan
Sebelum menulis siaran pers, pastikan kamu telah menentukan topik atau informasi apa yang ingin diberitakan kepada publik.
Topik yang ingin disampaikan sebaiknya merupakan informasi penting, misalnya terkait peristiwa, pengumuman, atau perkembangan perusahaan.
2. Buat Headline yang Menarik
Headline adalah elemen dalam siaran pers yang pertama kali terlihat oleh pembaca, termasuk jurnalis, editor, dan konsumen.
Oleh karena itu, penting untuk membuat headline yang dapat mendorong mereka untuk lanjut membaca siaran pers sampai akhir.
Untuk membuat headline yang menarik, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut:
- Identifikasi poin utama dari informasi yang ingin disampaikan
- Gunakan bahasa yang deskriptif dan dapat membangkitkan perasaan
- Hindari menggunakan diksi yang sulit dipahami pembaca
- Gunakan angka atau statistik jika memungkinkan
- Pertimbangkan keyword yang relevan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian
- Buat headline yang singkat, setidaknya 6-12 kata
- Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens
3. Pastikan Penuhi 5W+1H
Buatlah press release yang mencakup seluruh unsur 5W+1H:
- What: apa esensi dari peristiwa yang akan disampaikan?
- Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi?
- When: kapan peristiwa tersebut terjadi?
- Where: di mana peristiwa tersebut terjadi?
- Who: siapa orang atau pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
- How: bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
Meskipun mencakup keseluruhan unsur di atas, hindari menuliskan informasi secara berlebihan. Sebab, siaran pers umumnya hanya terdiri dari 1-2 halaman saja.
Dalam siaran pers, kamu juga bisa memasukkan kutipan atau pendapat dari orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
Selain itu, bersikaplah dengan jujur dalam menyampaikan informasi. Hindari melebih-lebihkan isi berita yang tidak akurat.
5. Beri Informasi Kontak
Memberikan informasi kontak dalam press release merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan media, jurnalis, atau pihak lain untuk menghubungi perusahaan.
Biasanya, akan ada media yang menghubungi perusahaan untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai peristiwa yang disampaikan dalam press release.
Itulah dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, struktur, cara membuat press release, dan contohnya.
Pada intinya, siaran pers merupakan sebuah publikasi yang biasa ditulis seorang PR perusahaan untuk memberikan informasi penting kepada publik.
Beberapa manfaat dari siaran pers antara lain memperoleh publisitas, awareness, serta meningkatkan citra perusahaan.
Meskipun kelihatannya sepele, tetapi diperlukan keterampilan menulis dan komunikasi yang baik untuk menulis siaran pers.
Nah, jika perusahaanmu kebingungan mengenai cara membuat siaran pers yang baik, yuk serahkan kepada BRIEFER!
BRIEFER adalah platform kerja di bidang komunikasi yang memiliki banyak spesialis PR berpengalaman dan terpercaya.
Selain press release, kamu juga bisa berkonsultasi dengan kami mengenai kebutuhan komunikasi lain untuk perusahaanmu.
Jika tertarik, segera kunjungi laman web BRIEFER atau hubungi kami melalui email di hello@briefer.id!