Banyak yang Tidak Sadar Jika Tindakan Ini Termasuk Cyberbullying Lho!

Di dunia serba digital ini, siapa sih yang nggak main sosmed? Adanya sosial media memang memudahkan kita untuk berinteraksi dengan pengguna sosial media lainnya. Akan tetapi, banyak cyberbullying yang muncul akibat kurang bijaknya penggunaan sosial media. 

Menurut Unicef, Cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel. 

Apa saja sih yang termasuk dalam tindakan cyberbullying? 

  • Harassment 

Harassment adalah tindakan mengirim sebuah pesan menyakitkan, baik itu melalui platform chatting maupun kolom komentar sosial media, termasuk mengunggah hal yang memalukan atau menyakitkan bagi seseorang. Contoh sederhananya adalah selebgram yang tiap postingannya pasti ada aja hate comment. Kalau kamu pernah baca kolom komentar selebgram yang isinya berupa ujaran kebencian, hal tersebut termasuk dalam harassment. 

  • Outing 

Outing adalah kegiatan mengasingkan seseorang dari kelompok. Ini bener-bener definisi lo itu gak diajak! Misalnya kamu punya grup kelas, terus sengaja gak invite satu orang karena kamu gak suka sama dia. Itu udah termasuk tindakan outing, lho! 

  • Dissing 

Dissing adalah mengunggah dan menyebarkan informasi kejam tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial secara sengaja untuk merusak reputasi.

  • Fake account 

Siapa sih di sini yang ngga punya fake account? Salah satu kelebihan sosial media adalah mewadahi penggunanya untuk bebas berpendapat secara anonim, hal tersebut sekaligus menjadi kekurangan sosial media. Hal tersebut banyak disalahgunakan oleh oknum yang kurang bertanggung jawab, menutupi identitas dan menggunakannya untuk menebar kebencian pada orang lain.

  • Trolling 

Trolling adalah perbuatan mengemukakan pendapat dengan tujuan memprovokasi orang lain agar menebar kebencian. Kamu pasti pernah kan liat konten yang sebenarnya biasa saja, tapi di kolom komentar ada yang memancing untuk berkomentar hal-hal negatif. Hati-hati, bisa jadi kamu sudah kena trolling dari orang tersebut! 

  • Doxing 

Doxing adalah perbuatan menyebarkan data pribadi orang lain tanpa adanya persetujuan dari orang yang bersangkutan, termasuk nomor telepon dan percakapan pribadi. Hati-hati ya, kegiatan doxing ini sering kita lakukan tanpa kita sadari, misalnya ngasih nomor temen cakep ke yang minta dikenalin, atau ngirim screenshot chat kalian ke temen!   

Gimana, briefee? Yuk sama-sama refleksi diri, bisa jadi tindakan yang kita anggap sepele ternyata termasuk cyberbullying dan menyakiti orang lain.

Hanya karena media sosial adalah tempat yang bebas untuk berekspresi, bukan berarti kamu bebas memberikan ujaran kebencian pada orang lain ya! Gak mau kan kalau kamu atau orang-orang terdekat kamu terkena cyberbullying? Maka dari itu, kamu tetap harus menjaga ketikan dan perbuatan agar tidak ada yang terluka. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *