Apa Manfaat Remote Working Bagi Perusahaan di 2023?

woman in floral dress with blue blazer using laptop

Briefee, ingatkah kamu di awal tahun 2020 saat pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia? Saat itu, kita terpaksa untuk mengerjakan segala aktivitas dirumah agar tidak terjadi penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Hal tersebut juga berdampak pada perubahan pola kerja yang lebih banyak dilakukan dirumah (WFH) atau bekerja secara remote. Memasuki tahun 2023, kerja jarak jauh telah menjadi kebiasaan baru bagi banyak perusahaan. Kira-kira apa sih yang dimaksud remote working?

Apa itu Remote Working?

Sederhananya, remote working berarti kamu bisa bekerja di luar lingkungan kantor konvensional atau tidak perlu datang ke kantor. Sebelum pandemi melanda, kita sudah terbiasa dengan pola bekerja datang ke kantor pukul 9 pagi dan pulang pukul 5 sore setiap harinya. 

Nah dalam konsep remote working ini, kamu diperbolehkan untuk bekerja dari rumah, cafe, co-working space, atau dari manapun kamu berada dengan waktu yang lebih fleksibel. Remote working memberi kebebasan pada kamu untuk mengatur lingkungan yang untuk bekerja.

Hal tersebut membuat banyak orang sadar bahwa kantor tidak selalu berarti produktivitas, dan remote working memiliki banyak manfaat seperti menghemat waktu, biaya dan tenaga, meningkatkan produktivitas, dan waktu yang lebih fleksibel. Tapi bagaimana ya kira-kira remote working bisa bermanfaat bagi perusahaan? Yuk kita bahas!

Bagaimana Remote Working Memberikan Manfaat Bagi Perusahaan?

1. Peningkatan produktivitas karyawan = Tujuan bisnis tercapai

Briefee, masing-masing dari kalian pasti memiliki waktu produktivitas yang berbeda-beda. Remote working memberikan fleksibilitas dimana kamu dapat  bekerja kapanpun kamu mau. Misalnya, jika kamu lebih produktif di pagi atau malam hari, kamu dapat menyesuaikan jadwal berdasarkan tingkat produktivitas kamu.

Fleksibilitas tersebut dapat menghasilkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi dan pekerjaan yang lebih efisien karena tugas yang membutuhkan lebih banyak fokus dan sedikit gangguan.

Disamping itu, seringkali karyawan merasakan banyak gangguan jika datang bekerja ke kantor. Nah, apakah kamu salah satunya yang pernah merasa bad mood sampai mempengaruhi tingkat kinerja akibat masalah di kantor? Jangan sampai ya Briefee!

Remote working membebaskan kamu untuk memilih tempat bekerja sesuai dengan zona nyaman yang sedikit akan gangguan. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk membuat ruang kerja yang tenang dan kondusif agar bisa fokus pada pekerjaan dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

2. Mengurangi biaya perusahaan

Dengan menerapkan sistem remote working bagi para karyawan, perusahaan bisa menghemat uang dalam jumlah besar yang didapatkan dari ruang kantor, sewa, tagihan, biaya karyawan, peralatan kantor, dan biaya lain yang terkait dengan kantor secara fisik.

Penghematan biaya ini dapat berdampak signifikan pada keuntungan perusahaan karena memungkinkan untuk berinvestasi ke bidang  bisnis lainnya atau memberikan manfaat tambahan bagi karyawannya. 

3. Happy and satisfied employee akan meningkatkan loyalitas pada perusahaan

Work-life balance menjadi topik yang sering dibahas oleh para pekerja belakangan ini. Keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dan pribadi merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Remote working memungkinkan kamu untuk mengatur dan membagi waktu serta energi secara proporsional antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hal tersebut dapat berdampak positif pada kesehatan mental karena mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kepuasan kerja. Sehingga, keseimbangan kehidupan kerja yang dirasakan oleh karyawan bisa menumbuhkan loyalitas terhadap perusahaan.

4. Komunikasi yang efektif, tercatat, dan transparan

Remote working mengharuskan kita untuk berinteraksi sesama menggunakan sarana teknologi komunikasi yang dapat menghasilkan komunikasi yang lebih terorganisir dan efektif secara keseluruhan.

Komunikasi yang dilakukan seperti melalui konferensi video dan platform obrolan membuat perusahaan dapat memastikan bahwa semua karyawannya tetap terhubung dan transparan. Seluruh komunikasi tersebut dapat tercatat dan terekam serta tentu memiliki manfaat bagi perusahaan untuk mengurangi kesalahpahaman, meningkatkan kolaborasi, dan melacak kemajuan.

Remote working memberikan banyak manfaat baik bagi karyawan atau perusahaan di tahun 2023, seperti peningkatan produktivitas, penghematan biaya, dan komunikasi yang lebih efektif. Ini bisa menjadi salah satu konsep yang bisa perusahaanmu terapkan agar bisa memaksimalkan kesuksesan.

Semoga informasi berikut dapat bermanfaat bagi teman-teman yang tertarik untuk melakukan remote working ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *