Langkah Optimalisasi Campaign Bagi Pemula

Campaign adalah salah satu bagian penting dalam bisnis. Hal ini umumnya dilakukan untuk membangun brand image, sehingga dapat lebih mudah dikenal dan diingat oleh banyak orang.

Dengan begitu, hasil penjualan bisnis kamu pun dapat meningkat secara efektif. Eits, tapi bukan cuma itu, manfaat campaign juga bisa mendorong loyalitas pelanggan, lho. Seperti apa penjelasan lengkapnya?

Apa itu Campaign?

Dalam Bahasa Indonesia, arti campaign adalah kampanye atau kegiatan pemasaran untuk mempromosikan barang atau jasa melalui berbagai jenis media, baik secara online maupun offline. 

Sebuah campaign artinya harus direncanakan secara kreatif dan sesuai dengan target market sehingga bisa tepat sasaran.

Selain itu, diperlukan konsistensi dalam menjalankan campaign agar tujuan yang diharapkan oleh perusahaan dapat tercapai.

Jenis-jenis Campaign

Setelah memahami apa itu campaign beserta contohnya, kamu juga perlu tahu nih apa saja jenis-jenis campaign yang bisa dijalankan, di antaranya:

  1. Social Media Campaign

Saat ini, banyak platform media sosial yang diakses oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki pengguna tinggi setelah Google.

Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk menjalankan marketing campaign di media sosial dan telah banyak yang terbukti dari hasilnya.

Campaign yang dilakukan melalui media sosial bisa menjangkau lebih banyak audiens. Terlebih, jika kamu merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten dengan baik.

Konten tersebut bisa mempengaruhi mereka, sehingga tertarik untuk mengenal produk dan terdorong menjadi konsumen. 

  1. SEO Campaign

Selanjutnya ada Search Engine Optimization atau strategi untuk meningkatkan pengunjung suatu website. SEO campaign bertujuan untuk membuat website perusahaan bisa muncul di halaman utama website pencarian. Untuk mengoptimalkan upaya tersebut, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti penggunaan keyword, backlink, judul, dan sebagainya.

  1. Rebranding Campaign

Ketika perusahaan mengalami rekonstruksi besar-besaran, maka perlu dilakukan rebranding campaign untuk memperkenalkannya kembali kepada masyarakat. Jenis campaign ini bisa dilakukan saat perusahaan melakukan perubahan nama, logo, atau telah bergabung dengan brand lain.

  1. Brand Awareness Campaign

Tujuan brand awareness campaign adalah untuk memperoleh atau mempertahankan popularitas brand kepada masyarakat. Biasanya, strategi campaign ini dilakukan dengan memperkenalkan produk, menjelaskan visi dan misi, serta brand image perusahaan.

  1. Email Marketing Campaign

Email marketing campaign adalah strategi yang dilakukan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen. Hal ini bisa dijalankan dengan mengirimkan pemberitahuan tentang produk baru, promo, atau event melalui email konsumen yang sudah didaftarkan.

Manfaat Campaign

Manfaat utama dari perencanaan sebuah strategi campaign adalah bisa memenuhi target profit yang diharapkan oleh perusahaan. 

Namun, di samping memperoleh profit yang besar, masih ada beberapa manfaat campaign lainnya, yaitu:

  1. Promosi produk atau layanan baru

Melakukan strategi campaign sebelum meluncurkan produk atau layanan baru adalah salah satu cara yang tepat. Dengan mulai mengenalkan produk saat sebelum diluncurkan, calon konsumen akan lebih mengantisipasi dan penjualan pun akan lebih pesat.

  1. Menarik lebih banyak pelanggan

Campaign adalah strategi untuk menyakinkan calon konsumen bahwa suatu produk atau layanan yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik. Jenis campaign tersebut dibutuhkan untuk jangka panjang hingga brand lebih dikenal dan dipercaya. Sehingga jika strategi tersebut berhasil, perusahaan kamu akan memperoleh lebih banyak pelanggan.

  1. Membangun Brand Awareness

Melakukan campaign pada berbagai platform dan format yang tepat tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness. Visibilitas produk dan jasa yang ditawarkan menjadi meningkat, terlepas apakah konsumen berminat untuk membeli atau tidak.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pendekatan kepada audiens melalui komunikasi secara langsung di media sosial agar mereka semakin merasa dekat dengan brand.

  1. Meningkatkan Loyalitas

Campaign adalah strategi yang bisa membantu untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap sebuah brand. Melalui campaign yang dilakukan, konsumen bisa lebih yakin dan percaya untuk terus menggunakan produk dari brand tersebut.  

Cara Membuat Campaign

Setelah mengetahui manfaat dan jenis-jenis campaign, Kamu mungkin tertarik untuk mulai menerapkan strategi tersebut. Berikut cara membuat campaign yang baik dan bisa kalian terapkan.

  1. Tentukan Tujuan Campaign

Pertama adalah menentukan tujuan dari pembuatan strategi tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya kamu bisa memperoleh hasil akhir sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

And don’t forget! dalam menentukan tujuan tersebut kamu harus menerapkan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-bound) agar hasil yang diperoleh bisa lebih mudah diukur. 

  1. Riset

Langkah kedua yang harus dilakukan sebelum membuat campaign adalah dengan melakukan riset terkait target audiens. Riset ini perlu dilakukan agar kamu bisa menentukan campaign seperti apa yang sesuai atau relate dengan target calon konsumen.

Kamu bisa melakukan analisis terhadap target audiens berdasarkan umur, jenis kelamin, gender, serta kebiasaan yang mereka lakukan saat menggunakan media sosial. Selain itu, kamu juga perlu melakukan social listening, seperti melalui survei untuk mengetahui kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh target audiens.

  1. Rancang konsep yang Unik

Selanjutnya, setelah berhasil menentukan konten seperti apa yang disenangi oleh target audiens, kamu bisa mulai merancang konsep campaign berdasarkan visi, misi, dan identitas brand.

Jika menggunakan jasa agency, kamu harus membuat brief yang jelas dan sesuai dengan tujuan campaign. 

  1. Tentukan Platform Campaign

Jika seluruh tahap perencanaan sudah dilakukan, langkah selanjutnya dari cara membuat campaign adalah menentukan platform yang tepat. Kamu bisa mempertimbangkan platform apa yang sesuai dengan preferensi audiens, budget, serta tingkat brand engagement. 

  1. Susun Timeline

Sebelum mulai menjalankan campaign, kamu perlu menyusun timeline atau jadwal upload konten agar eksekusinya bisa berjalan dengan optimal. Dengan menyusun timeline yang jelas, kamu bisa mempublikasikan konten secara teratur pada masing-masing platform. Jangan lupa untuk selalu meninjau timeline tersebut secara berkala agar tidak ada konten yang terlewatkan dan campaign menjadi lebih efektif.

  1. Evaluasi

Setelah berhasil menjalankan campaign secara teratur, kamu juga perlu untuk melakukan evaluasi berkala. Hal ini bertujuan untuk memantau apakah campaign tersebut sudah berjalan secara efektif atau belum.  Efektivitas campaign bisa ditentukan berdasarkan parameter yang sudah ditentukan berdasarkan jenis campaign dan platform-nya. 

Contoh Campaign

Perkembangan dunia digital marketing yang semakin pesat membuat sebagian besar perusahaan memilih untuk beralih menggunakan platform online sebagai media promosi utama.  Dalam melakukan praktik digital marketing, strategi campaign adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan agar memperoleh hasil maksimal.

Kamu bisa melihat contoh campaign yang dilakukan oleh beberapa brand sukses seperti Erigo

Bagi para pecinta fashion, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand lokal yang satu ini, yaitu Erigo yang fokus pada konsep pakaian streetwear. Erigo mengeluarkan campaign ‘Stop Asian Hate’ untuk ikut berkontribusi dalam isu global yang sedang marak saat ini. Menyampaikan pesan non diskriminasi, Erigo mengajak warga Indonesia untuk turut serta dalam gerakan ‘Stop Asian Hate’ di berbagai belahan negara lainny a.

Campaign ini menarik banyak perhatian masyarakat dan banyak juga yang ikut serta dalam gerakan yang diusung oleh brand Erigo ini. Selain itu, kampanye ini juga berhasil meningkatkan brand awareness masyarakat di berbagai negara lewat kampanye sosial yang disebarkan oleh Erigo.

Dari penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa campaign adalah langkah penting dalam menjalankan bisnis. Dengan melakukan campaign, bisnis yang kamu lakukan pun dapat meraih pasar yang lebih luas dan menghasilkan banyak keuntungan.

Semoga artikel ini bermanfaat, Briefee!