Mengapa Brand Besar Masih Perlu Melakukan Branding?

Brand merupakan sebuah konsep bisnis dan pemasaran yang membuat orang dapat mengidentifikasi suatu perusahaan, produk, maupun individu tertentu serta membangun persepsi orang mengenai perusahaan tersebut.

Lalu, apa sih itu branding? Mengapa brand besar yang bisa dibilang sudah established harus terus melakukan branding yang baik? 

Branding adalah sebuah proses komunikasi sebuah perusahaan kepada target marketnya dalam membangun citra agar diminati dan disenangi. Branding juga tidak hanya sekedar logo, tetapi lebih dari itu. Branding mencakup visual identitas, jasa, konsistensi kualitas, customer service, dan sebagainya.

Branding harus terus dilakukan bahkan bagi perusahaan besar atau yang sudah memiliki nama di depan publik seperti Aqua, Nike, Toyota, dan semacamnya. Inilah alasannya:

a. Menciptakan berkelanjutan keunggulan kompetitif

Branding menjadi sumber utama keunggulan kompetitif dan aset strategis perusahaan yang paling berharga dimana hal tersebut akan memberikan value lebih tersendiri seperti pembedaan produk atau layanan dan membantu perusahaan menonjol dari yang lain. Hal-hal inilah yang nantinya akan diingat oleh konsumen.

b. Meningkatkan hubungan baik dengan konsumen

Terkadang kita membeli suatu barang karena memang ada cerita spesial yang dibawa oleh brand tersebut, kualitas produk yang baik, serta rasa yang diberikan saat kita menggunakan suatu produk. Contohnya rangkaian make up dari Rare Beauty by Selena Gomez memiliki pesan “we would feel like we’re pretty in our own way” , maka bisa jadi saat kamu ingin membeli atau memakai, you will feel like you are unique and no need to hide anything. Just be who you are!

c. Meningkatkan penjualan

Branding mempermudah konsumen mengenali dan mengingat ciri, kualitas serta manfaat produk, dibanding dengan produk yang tidak terlalu diketahui asal usulnya. Branding mampu mendorong pelanggan kembali membeli produk dimana berpotensi membangun loyalitas dan kepercayaan yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Nah, sekarang kita tahu pentingnya branding dalam membantu pertumbuhan bisnis. Tapi bagaimana branding mempermudah konsumen dalam keseharian? Branding menghemat waktu konsumen berbelanja sebab mereka sudah tahu ingin membeli produk dari brand yang mereka senangi. Selain itu, branding memberikan status dan pengakuan kepada konsumen, mendefinisikan diri mereka dari brand yang mereka pakai. It makes them proud!

Namun perlu diingat bahwa branding tetap harus diikuti dengan inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen agar brand tidak dilupakan.

Bagaimana menurutmu? Siapa sih brand yang brandingnya keren banget? Share opini kamu yah!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *