JUSTICE. Album keenam Justin Bieber yang telah dirilis kembali membawa kesuksesan besar, setelah album pendahulunya Changes dan Purpose.
Pemilihan nama album Justice punya latar belakang cerita yang menyentuh. Isu mengenai ketidakadilan di dunia diangkat oleh Justin melalui musik agar ia dapat menginspirasi banyak orang dan memberi semangat mereka di masa yang sulit ini, terlebih sejak pandemi.
Justin ingin memberikan kenyamanan kepada para fans dan pendengarnya. Ia ingin lebih terhubung, dimanapun mereka berada.
Tak hanya itu, album Justice juga menceritakan tentang kesehatan mental. Di Indonesia sendiri, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melakukan survei kesehatan jiwa terkait COVID-19. Mereka memeriksa tiga masalah psikologis yaitu cemas, depresi, dan trauma psikologis. Hasilnya, sebanyak 68% responden mengaku cemas, 67% depresi, dan 77% mengalami trauma psikologis. Betapa pentingnya mencurahkan perasaan, bukan hanya saat senang, tapi ketika kita mengalami masa sulit.
Selain mental health , Black Lives Matter movement menggerakkan Justin dalam penamaan dan pembuatan album ini. Ia mengutip dari quote salah satu orang paling berpengaruh di dunia.
Justin memang mega bintang berpenampilan luar biasa diatas panggung. Namun, hal tersebut tidak akan optimal apabila tidak didukung oleh tim solid dibalik layarnya.
Tahukah kamu bahwa cerita album Justice yang sangat bermakna ini dilengkapi Integrated Marketing Communication yang menarik untuk diulas?
A. Pemasaran Terpadu (Direct selling, event & experience, PR & Publicity)
1. Multi-single release strategy
Strategi untuk merilis beberapa single dalam rentang waktu yang sudah ditentukan yang nantinya akan berujung pada album baru.
Single : Holy, Lonely, Anyone, Hold On, Peaches, Ghost
2.Live performances
Justin “tersedia” di berbagai acara televisi membawakan lagu-lagu terbarunya seperti Saturday Night Live, The Late Late Show with James Corden, Good Morning America, Bieber’s New Year’s Eve concert, 2021′ Kids Choice Awards, Tiny Desk concert dan rooftop of a Paris hotel.
3.Film dokumenter
Justin memberi ruang bagi Belieber ((sebutan penggemarnya) untuk mengenalnya lebih dekat lewat dua film documenter “Next Chapter” dan “Our World.
Our World menceritakan 30 hari persiapan konser Justin di Los Angeles, sedangkan Next Chapter bercerita tentang proses pembuatan album Justice selama masa pandemi.
4.Touring
Tak cukup lewat media sosial, Justin menyapa penggemarnya langsung di berbagai negara melalui tur album – Asia (Including Malaysia & Indonesia), North America, South America, Europe, Oceania, Africa. What an effort!
5.Merchandise
Things that makes every fandom soooo happy, including beliebers. Lagu Peaches, Holy dan Monster menggembirakan penggemar dengan menyediakan merchandise mulai dari t-shirt, hoodies, topi, kaos kaki hingga vinyl!
B. Strategi Konten
1.Youtube
Bicara konten, Youtube mempunyai 3 strategi yang biasa dikenal sebagai piramida 3H – Hygiene, Hub dan Hero. Apakah itu?
a. Hero adalah panggung besar bagi sebuah konten. Video tersebut dapat mengundang ketertarikan masyarakat luas sehingga engagement meningkat. Konten Hero dalam album Justice adalah trailer, music video, live performance, VEVO, acoustic version, dan An Interactive Visual Experience
b. Hub adalah perspektif atau sesuatu yang lain dari konten-konten yang telah terbit sebelumnya dan mampu mendukung kekuatan Hero konten. Konten Hub dalam album Justice adalah visualizer, lyric video dan #justiceworldtour youtube short
c. Hygiene adalah konten-konten ringan yang dibuat untuk menjaga engagement dengan audiens. Inilah konten Hygiene dalam rangkaian publikasi album Justice – livestream, montage, footnotes, tiktok compilation, remix video, behind the scenes dan The Justice Tour Represents Quality for ALL
2. Social Media
a. Penjelasan makna album “JUSTICE”
b. Sneak-peek lagu di album “JUSTICE”
c. Countdown
d. Peaches Make Up Challenge di Tiktok
e. Justice in Action – Charity
Inilah analisa Briefer tentang strategi pemasaran dan konten dibalik album JUSTICE. Nah, kamu udah dapet tiket konser Justin Bieber belum, Briefee? Track lagu favorit kamu apa? Yuk share!