Pembukuan Keuangan untuk Pekerja Lepas

Pembukuan sangat penting bagi para pekerja lepas untuk mengetahui setiap transaksi yang sudah dilakukan agar lebih terorganisir. Hal tersebut bisa dipermudah dengan bantuan dari penggunaan komputer melalui aplikasi-aplikasi berikut

1. AccountEdge

2. Bookkeeper

3. MYOB

4. Quickbooks

Sebagai pekerja lepas, dapat dikatakan kita hanya perlu menggunakan 5 fungsi dasar aplikasi tersebut untuk melakukan pembukuan agar lebih simpel dan efektif. Ada apa saja sih? Mari kita bahas dibawah.

1.Invoicing: berguna untuk memberikan tagihan mengenai biaya yang harus dibayarkan oleh klien. Because wholeheartedly, we love getting paid.

2.Pencatatan pembayaran: kita harus mencatat semua pembayaran yang kita terima secara detail.

3.Menyediakan platform pembayaran: pastikan kita aktif di platform transaksi digital seperti PayPal dan lain-lain.

4.Melacak waktu yang dihabiskan untuk proyek: hal ini mempermudah kita untuk menagih pembayaran kepada klien berdasarkan jam kerja yang sudah dipakai. Jangan lupa untuk menyematkan apa saja yang sudah kita lakukan di jam-jam tersebut sebagai transparansi kepada klien.

5.Pencatatan neraca laba rugi: untuk melakukan evaluasi serta mengetahui apabila adanya perkembangan dari transaksi-transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Nah kalau dilihat dari fungsi penjelasan diatas ternyata pembukuan itu memang berguna kan Briefee? Sekarang kita bahas lebih detail yuk dari sudut pandang para ahli pembukuan.

1.Dengan memakai aplikasi khusus pembukuan/akuntansi, kamu dapat dengan mudah melakukan invoicing dan memilah tagihan dari setiap klienmu

2.Mencatat pembayaran atau mencatat segala pemasukan uang sangat menyenangkan bukan? karena siapa yang tidak suka dibayar? Untuk itu, kamu harus tahu setiap tagihan pembayaran ditujukan kemana dan siapa serta jangan lupa siapkan tabungan bank deposito untuk menyimpan sebagian pembayaran.

3.Kamu tidak perlu susah untuk menulis cek secara manual, dengan adanya teknologi zaman sekarang, banyak aplikasi yang dapat membantu untuk mempercepat pekerjaanmu. Dari mulai nama vendor, seberapa besar biaya yang akan dibayarkan sampai kategori pembayaran apapun bisa tinggal kamu ketik, print, dan tanda tangan, finish!

4.Dengan adanya time billing kamu dapat mengetahui informasi aktivitas waktu pekerjaan yang telah dilakukan. Canggihnya teknologi membuat kamu bisa mencatat time billing kapanpun dan dimanapun.

5.Membuat hasil laporan adalah hal yang mudah, karena kamu sudah tahu segala data keuangan yang telah terjadi, bahkan sampai laporan laba rugi mu.

Selamat mencoba Briefee!