Salah satu buku karya Stephen R. Covey  “The 7 Habits of Highly Effective People” telah menjadi inspirasi bagi para pembacanya untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang efektif dan menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Apa saja 7 kebiasaan itu? Yuk simak di penjelasan berikut

1.Proaktif

Kamu yang memegang kendali atas dirimu untuk memilih jalan dan cara dalam menjalani rencanamu dengan penuh tanggung jawab. Sifat proaktif inilah yang menuntun kita untuk bertindak sesuai situasi dan mengendalikan efektifitas diri sendiri.

2.Menentukan Tujuan Yang Ingin Dituju

Seringkali kita bertanya pada diri sendiri “ingin menjadi apakah kita?” . Temukan jawabannya dengan memikirkan tujuan hidup yang ingin kamu capai. Dengan begitu, kita bisa memastikan rencana jangka pendek, menengah dan panjang supaya setiap langkah yang kita ambil berada di arah yang tepat.

3.Dahulukan prioritas

Kamu harus menyadari bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai rencana. Tarik nafas dan jangan memaksakan diri. Susunlah prioritas hidup atau pekerjaan yang realistis untuk kamu capai dalam jangka waktu tertentu. Dan sesibuk apapun kamu, ingatlah agar selalu menyeimbangkan hidup bersama keluarga maupun tema

4.Adil (Win-win Solutions)

Bersikap adil atau menjalankan win-win solutions di sejumlah permasalahan akan membantu menjalin hubungan efektif dengan orang lain. Yakinlah pada keputusan yang sudah kamu buat di awal, kemudian negosiasikan sesuai kebutuhan dan cari titik tengah menuju mufakat.

5.Berusaha mengerti keadaan

Sebelum mencoba memberikan saran, kita perlu berusaha memahami situasi mereka dan perspektif pikiran mereka terlebih dahulu secara mendalam dengan mendengarkan apa yang ingin mereka sampaikan. Observasi kebutuhan – apakah mereka hanya butuh pendengar, atau butuh saran. Itulah mengapa, komunikasi baik verbal maupun non verbal harus diasah sebab menjadi salah satu kemampuan penting di keseharian.

6.Bersinergi

Bersinergi mampu menciptakan kerja sama yang efektif, dengan menyatukan pengalaman dan keahlian untuk mencapai tujuan bersama. Karena itu, setiap individu dianjurkan untuk bersinergi atau berkolaborasi agar dapat berjalan jauh, mengembangkan bisnis di industri masing-masing secara optimal

7.Sharpen the Saw

Kenali diri kita sendiri secara fisik, spiritual, mental dan sosial sembari perlahan melihat perkembangan kemampuan diri. Beberapa kegiatan yang bisa kamu coba seperti :

Fisik – mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Sosial/Emosional – bertemu dengan orang-orang baru atau melakukan hobi favorit

Mental – menulis jurnal, membaca buku atau mendengarkan lagu kesukaanmu.

Spiritual – liburan mengunjungi alam atau meditasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *