Tier Media di Indonesia dan Cara Mengidentifikasinya

close up interbviewee with microphone

Dalam dunia public relations, memahami tier media akan membantu perusahaan untuk dapat mengidentifikasi saluran yang paling sesuai untuk menyampaikan pesan.

Dengan begitu, hal ini pun dapat meningkatkan peluang untuk memperoleh media coverage yang berkualitas guna memperkuat reputasi dan kredibilitas perusahaan.

Namun sebenarnya, apa itu tier media? Apa contohnya di Indonesia? dan bagaimana menentukannya? Artikel ini akan membahasnya lebih dalam, yuk simak!

Apa itu Tier Media?

Tier media adalah sistem pengelompokkan media berdasarkan ukuran audiens, kredibilitas, pengaruh, dan jangkauannya.

Dengan mengelompokkannya berdasarkan ukuran tertentu, perusahaan dapat menargetkan media yang lebih relevan untuk menyampaikan pesan.

Tier Media di Indonesia

Ada empat tingkatan atau tier media, yaitu:

  • Tier 1: Ini adalah media papan atas yang memiliki jangkauan nasional bahkan internasional, hingga 10 juta pembaca per bulan. Media yang termasuk dalam tingkatan ini dipandang sebagai sumber yang otoritatif dan kredibel. Contoh: Kompas, Tempo, Detik, CNN Indonesia, TribunNews, KapanLagi, Tirto, dan Kumparan
  • Tier 2: Media ini masih memiliki jangkauan luas, tetapi lebih terfokus pada topik atau wilayah tertentu. Biasanya, jumlah pembaca bulanannya bisa mencapai 1 hingga 10 juta orang per bulan. Contoh: Republika, Okezone, Kontan, Bisnis, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, dan Media Indonesia
  • Tier 3: Ini termasuk media lokal, khusus, atau niche yang berfokus pada berita komunitas, kota, atau segmen pasar tertentu. Meskipun audiensnya lebih kecil, mereka menawarkan keterlibatan langsung dengan berita lokal, dan biasanya memiliki pembaca ratusan ribu hingga 1 juta orang per bulannya. Contoh: Dream, Good News from Indonesia, Money Kompas, The Jakarta Post, Investor Daily, SKOR.ID, dan Tribun Jabar
  • Tier 4: Media kecil dan sangat niche yang jangkauannya terbatas dengan audiens kurang dari 100 ribu orang. Meski terkesan tidak terlalu penting, media ini bisa membantu merek menjangkau segmen audiens yang spesifik

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Tier Media?

Ini dia beberapa caranya:

1. Menganalisis Ukuran Audiens Media

Untuk menganalisis ukuran media, kamu bisa mengumpulkan data mengenai jumlah pembaca atau audiens dari media tersebut.

Data tersebut bisa diraih dari survei lembaga, laporan tahunan, data lembaga pengukuran seperti Nielsen, atau menggunakan tools untuk memeriksa trafik, seperti Ahrefs Traffic Check.

2. Mengevaluasi Kredibilitas Media

Berkaitan dengan cara kedua ini, coba lakukan peninjauan reputasi dan kredibilitas media di kalangan audiens dan industri.

Kamu bisa mencari tahu apakah media tersebut pernah memperoleh penghargaan, pengakuan di bidang jurnalis, atau ulasan positif dari organisasi independen.

Misalnya, pada tahun 2020, Remotivi, sebuah lembaga studi dan pemantauan media, pernah menobatkan Tirto sebagai peringkat pertama dalam Indeks Media Inklusif.

Kemudian, kamu juga bisa memerhatikan kualitas konten dan standar etika yang diikuti media untuk dapat mengevaluasi kredibilitasnya.

3. Memeriksa Jangkauan Media

Cara ketiga yaitu dengan menganalisis apakah media tersebut memiliki jangkauan nasional, regional, atau lokal. Media dengan jangkauan nasional akan lebih sesuai dengan tier yang lebih tinggi, begitu pun sebaliknya.

Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa dalam memilih media yang tepat, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan tema atau lokasi acara.

Misalnya, kamu ingin mengadakan acara di Bandung, Jawa Barat. Maka, media dengan tier 3 dan 4 di wilayah Bandung akan lebih sesuai karena mereka mampu audiens di geografis tertentu.

Mau Perusahaanmu Diliput Media Terkemuka? Serahkan pada BRIEFER!

Memublikasikan siaran pers atau liputan ke media bukanlah hal yang mudah.

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan media yang tepat untuk target audiens mereka, serta menghadapi tantangan dalam menghubungi jurnalis.

Tanpa strategi yang jelas, pesan yang ingin disampaikan bisa jadi tidak sampai kepada audiens yang diharapkan, dan kesempatan untuk membangun reputasi bisa hilang begitu saja.

Jika kamu ingin mempublikasikan siaran pers atau liputan tentang perusahaan ke media dari berbagai tingkatan, BRIEFER siap membantu.

Dengan jaringan luas dan pemahaman mendalam tentang berbagai jenis media, kami dapat memastikan pesan perusahaanmu sampai ke audiens yang tepat.

Segera hubungi BRIEFER dan optimalkan peluangmu untuk mendapatkan media coverage yang efektif dan berdampak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *