Apa itu Public Affairs? – Pengertian, Fungsi, & Bedanya dengan PR

business coworkers discussing new ideas brainstorming together looking new project document

Public affairs merupakan salah satu bidang strategis yang memiliki peran penting bagi perusahaan untuk berhubungan dengan stakeholders.

Artikel ini akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu public affairs dan apa perannya bagi perusahaan, simak!

Apa itu Public Affairs?

Public Affairs (PA) adalah istilah yang menggambarkan hubungan strategis antara perusahaan dan para pemangku kepentingannya, yang meliputi politisi, korporasi, pemegang saham, serikat pekerja, hingga komunitas lokal.

Dalam peran ini, seorang praktisi PA bertugas untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan pemangku kepentingan, menjelaskan kebijakan perusahaan serta posisinya terkait isu-isu kebijakan publik yang sedang berkembang.

Fungsi Public Affairs bagi Perusahaan

Berikut adalah tiga fungsi public affairs bagi perusahaan:

1. Komunikasi Strategis

Fungsi public affairs yang pertama adalah menyampaikan pesan perusahaan kepada para pemangku kepentingan, seperti pemerintah, komunitas, hingga media.

Penyampaian pesan yang jelas akan mendorong terjaganya transparansi dan memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada para stakeholders akurat.

Secara jangka panjang, komunikasi yang lancar akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan di mata stakeholders.

2. Manajemen Hubungan

Aktivitas public affairs sangat berkaitan dengan pemangku kepentingan, sehingga mereka berperan penting dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan berbagai pihak tersebut.

Hubungan yang kuat ini dapat membantu perusahaan mempengaruhi kebijakan, mendapatkan dukungan untuk inisiatif tertentu, dan merespons isu-isu yang muncul.

3. Pengelolaan Krisis dan Reputasi

Public affairs juga bertanggung jawab dalam mengelola isu dan krisis, serta melindungi reputasi perusahaan, utamanya di hadapan stakeholders.

Oleh karena itu, tim PA dapat ikut merancang strategi komunikasi yang efektif untuk merespon situasi krisis guna mempertahankan citra perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan stakeholder selama masa sulit.

Contoh Public Affairs

Perusahaan A adalah sebuah perusahaan teknologi yang menawarkan solusi energi terbarukan dan ingin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi ramah lingkungan.

Suatu hari, perusahaan ini ingin meluncurkan produk baru berupa panel surya inovatif yang belum pernah ada di negaranya.

Dalam hal ini, tim PA akan berfokus untuk membangun hubungan dengan pemangku kepentingan, seperti pemerintah, komunitas lokal, dan organisasi lingkungan.

Mereka menyusun rencana komunikasi yang mencakup pengumuman resmi melalui pertemuan dengan pejabat pemerintah dan forum diskusi di komunitas.

Dalam pertemuan tersebut, manfaat panel surya baru dan dampaknya terhadap pengurangan emisi karbon akan dijelaskan.

Dengan demikian, perusahaan A tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang produk baru, tetapi juga memperkuat hubungan dengan komunitas dan pemerintah yang mendukung adopsi solusi energi terbarukan, memastikan pesan perusahaan disampaikan dengan jelas dan akurat.

Perbedaan Public Affairs dan Public Relations

Aktivitas public affairs memang kerap kali berkaitan dengan public relations, sehingga tak jarang banyak yang masih menyamakan keduanya.

Meskipun begitu, PA dan PR memiliki sejumlah perbedaan mencolok, yakni:

1. Fokus Utama

  • PA: Berfokus menjalin hubungan baik dengan korporasi, publik, serta pemangku kepentingan yang relevan. Jadi, kunci dari aktivitas PA adalah dengan para stakeholder
  • PR: Berfokus menjalin hubungan baik dengan publik untuk meningkatkan visibilitas dan reputasi perusaaan. Kuncinya adalah publik secara luas

2. Aktivitas/Kegiatan yang Dilakukan

  • PA: Aktivitas PA mencakup komunikasi dan penyebaran informasi kepada stakeholder, serta memberi masukan tentang suatu isu
  • PR: Aktivitas PR mencakup peluncuran kampanye, penyusunan materi komunikasi, hingga manajemen isu dan krisis

3. Tujuan

  • PA: Aktivitas yang dilakukan PR bertujuan untuk membangun reputasi yang kuat dan mempertahankan hubungan baik dengan para pemangku kepentingan
  • PR: Aktivitas yang dilakukan PR bertujuan untuk menciptakan awareness dan meningkatkan citra serta reputasi perusahaan di hadapan publik secara luas

Selain PR, public affairs juga kerap disamakan dengan government affairs karena sama-sama berhubungan dengan pihak pemerintahan.

Namun, government affairs lebih khusus berfokus kepada pemerintah, di mana aktivitasnya mencakup lobbying dan melakukan kampanye advokasi tentang kebijakan tertentu.

Tingkatkan Kemampuan dalam Menjalin Hubungan dengan Pemerintah bersama BRIEFER!

Menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah adalah kunci keberhasilan bagi banyak organisasi. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan atau pengetahuan yang memadai untuk melakukannya secara efektif.

Sekarang, tidak perlu khawatir! Di BRIEFER, kami memahami tantangan ini dan menawarkan program training tentang Public Policy dan Government Affairs (PPGA).

Melalui training ini, peserta akan mempelajari cara berkomunikasi dengan pemangku kepentingan, teknik untuk mempengaruhi kebijakan, dan strategi untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website BRIEFER dan pesan paket training PPGA bersama ahli sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *