Apa itu Sales Executive? Ini Arti, Tugas, dan Gajinya!

asian woman proffesional businesswoman

Sales executive adalah salah satu bidang pekerjaan yang memiliki peran penting dalam bisnis karena akan bertanggung jawab terhadap penjualan perusahaan.

Jadi, tak mengherankan apabila besaran gaji pekerjaan ini juga biasanya relatif lebih tinggi dibandingkan sales pada umumnya.

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai arti sales executive beserta tugas, skill yang dibutuhkan, dan besaran gajinya. Yuk, simak!

Apa itu Sales Executive?

Pernahkah kamu mendengar istilah sales? Sesuai namanya, sales adalah orang yang bertanggung jawab dalam hal penjualan produk atau layanan perusahaan.

Nah, sales executive adalah bagian yang memegang posisi penting dalam tim sales, karena ia bertugas untuk merancang strategi penjualan secara keseluruhan.

Mereka dituntut untuk bisa mencapai atau bahkan melebihi target penjualan yang ditetapkan perusahaan berdasarkan strategi penjualan yang telah dirancang.

Tidak seperti profesi marketing yang lebih banyak berfokus pada riset pasar, seorang sales executive akan lebih sering bekerja di lapangan atau tempat di mana konsumen/klien berada.

Mereka akan mengidentifikasi pelanggan potensial, menjalin hubungan baik dengan konsumen, serta bertemu klien dan menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebenarnya, posisi ini memiliki nama yang berbeda-beda, tergantung pada perusahaannya. Perusahaan lain mungkin akan menyebut account executive atau financial advisor (khusus perusahaan asuransi).

Tugas Sales Executive

Adapun tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Merancang dan mengembangkan strategi penjualan
  • Menganalisis dan mengidentifikasi pelanggan potensial serta peluang baru di pasar yang mungkin akan berdampak positif terhadap penjualan
  • Membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada untuk memastikan kepuasan mereka
  • Mempresentasikan seputar produk atau layanan kepada calon pelanggan, seperti fitur dan manfaatnya
  • Bernegosiasi dengan calon pelanggan mengenai harga, syarat penjualan, dan kontrak lainnya
  • Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam kontrak penjualan
  • Menyusun laporan penjualan, serta melaporkannya kepada tim manajemen
  • Menganalisis kinerja penjualan

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Sales Executive

Seorang sales executive harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena tugasnya banyak melibatkan interaksi dengan orang lain.

Berikut keterampilan lainnya yang harus dikuasai:

1. Analytical Thinking

Kemampuan berpikir analitis adalah keterampilan penting bagi seorang sales executive karena mereka harus mampu memahami dan menginterpretasikan data dengan akurat untuk mengambil keputusan.

Kemampuan tersebut digunakan untuk mengevaluasi kebutuhan pelanggan, menganalisis tren pasar, dan membuat keputusan penjualan yang strategis.

2. Negosiasi

Aktivitas seorang sales tidak jauh-jauh dari bernegosiasi mengenai penjualan dengan pelanggan atau klien potensial. Sebab, keinginan dan ekspektasi pelanggan tentunya akan berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki skill bernegosiasi, di mana ia mampu mempertahankan nilai produk atau layanan yang ditawarkan sembari tetap fleksibel dalam menghadapi permintaan pelanggan.

Jadi, bernegosiasi tidak hanya tentang mendapatkan harga terbaik dari pelanggan, tetapi juga menciptakan kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

3. Persuasi

Skill persuasi adalah keterampilan membujuk calon pelanggan atau klien agar tertarik dan bersedia membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Seorang sales executive yang baik harus mampu meyakinkan pelanggan dengan menangani keberatan atau kekhawatiran mereka dan menciptakan urgensi untuk melakukan pembelian.

4. Product Knowledge

Seorang sales harus mampu mengetahui dan menguasai segala hal tentang produk atau layanan yang ditawarkan, mencakup fitur, manfaat, dan harganya.

Sebab, mereka adalah orang yang berhadapan langsung dengan calon pelanggan, sehingga mereka harus mampu menjadi jembatan yang efektif bagi perusahaan dalam menawarkan produknya

Pengetahuan tentang produk juga memungkinkan mereka untuk bisa menjawab pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin muncul dari pelanggan.

Gaji Sales Executive

Dilansir dari berbagai sumber, gaji pokok seorang sales executive untuk entry-level atau junior adalah sekitar Rp4-5 juta atau setara UMR setempat, tidak termasuk insentif dan benefit lainnya.

Insentif merupakan kompensasi tambahan untuk sales yang biasanya diberikan perusahaan ketika berhasil mencapai atau melampaui target penjualan.

Besaran gaji tersebut tentunya berpeluang untuk meningkat hingga Rp5-10 juta seiring bertambahnya pengalaman bekerja.

Untuk posisi senior atau dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, besaran gajinya bisa mencapai sekitar Rp10-30 juta.

Sementara itu, rata-rata gaji tertinggi seorang sales executive bisa mencapai sekitar RP20 juta per bulannya. Menarik, bukan?

Namun, perlu dicatat bahwa besaran gaji ini juga disesuaikan dengan UMR setempat, serta skala dan jenis perusahaan pemberi kerja.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang apa itu sales executive, mencakup tugas, skill yang dibutuhkan, serta besaran gajinya.

Bagaimana, Briefee? Apakah kamu tertarik dengan profesi ini? Yuk, baca artikel menarik lainnya tentang bisnis dan pemasaran di website Stories from BRIEFER!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *