Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? – Informasi Kuliah & Prospek Kerja

students desk working together

Ilmu Komunikasi atau Ilkom adalah salah satu jurusan yang bisa dibilang tidak pernah sepi peminat. Jurusan ini biasanya selalu masuk dalam top prodi soshum dengan pendaftar terbanyak setiap tahunnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui dengan benar apa yang dipelajari dalam jurusan ini. Bahkan, sebagian orang berpendapat bahwa Ilkom hanya mempelajari cara public speaking saja.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar di jurusan Ilkom atau ingin memahaminya lebih dalam, ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai habis!

Ilmu Komunikasi Belajar Apa?

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari berbagai aspek komunikasi manusia, seperti komunikasi massa, antarpribadi, organisasi, hingga public communication.

Bidang studi ini juga sebenarnya berhubungan dengan berbagai bidang dalam rumpun sosial, seperti psikologi, sosiologi, antropologi, hingga linguistik.

Umumnya, jurusan ini akan berisi gabungan antara teori dan praktik untuk memahami bagaimana sebuah pesan disampaikan, diterima, serta dipahami oleh berbagai audiens melalui beragam media.

Ada berbagai disiplin ilmu yang bisa dipilih jika kamu masuk jurusan Ilkom, mulai dari jurnalistik, hubungan masyarakat/public relations, pemasaran/marketing, hingga studi media dan kebudayaan.

Meskipun tiap disiplin ilmu akan memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda, tetapi semuanya akan mempelajari tentang proses pertukaran pesan antar-manusia.

Baca juga: Apa Saja Mata Kuliah Ilmu Komunikasi? Ini Daftar Lengkapnya!

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi

Mahasiswa yang telah menyelesaikan program studi Ilkom akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi atau yang biasa disingkat dengan S.I.Kom.

Dengan diperolehnya gelar tersebut, ini menandakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan di bidang Ilkom, serta memiliki pengetahuan dan skill dalam teori maupun praktik komunikasi.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ilkom merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas, di antaranya yaitu:

1. Public Relations Specialist

PR specialist merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati lulusan Ilkom. Profesi ini bertugas untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan publik, termasuk manajemen krisis dan strategi komunikasi.

Seorang public relations specialist biasanya bekerja secara langsung di sebuah perusahaan atau masuk ke agensi dan menerima klien yang membutuhkan layanan PR.

2. Jurnalis

Jurnalis juga merupakan salah satu profesi favorit yang sering menjadi incaran para lulusan Ilkom, terutama bagi mereka yang senang menulis dan meliput peristiwa.

Umumnya, tugas seorang jurnalis mencakup meliput, menulis, melaporkan, dan mengedit berita untuk berbagai jenis media massa, seperti televisi dan digital.

3. Content Creator

Content creator adalah pekerjaan yang bertugas dalam menghasilkan konten kreatif dan menarik di berbagai platform digital, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube.

Di zaman serba media sosial ini, content creator menjadi ladang pekerjaan yang sangat menjanjikan dan bisa dijajaki oleh siapa saja.

Namun, lulusan Ilkom yang ingin menjadi content creator tentu akan lebih diunggulkan, karena mereka memiliki pemahaman mendalam tentang strategi komunikasi, audiens, dan tren media.

Selain itu, lulusan Ilkom juga sudah lebih berpengetahuan dan terampil dalam merancang konten yang menarik, persuasif, dan tepat sasaran.

4. Marketing Communication Specialist

Marketing communication specialist bertugas dalam menyusun dan menjalankan kampanye komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan.

Bagi kamu yang tertarik dalam bidang pemasaran brand atau produk, maka Ilkom tentu akan menjadi jurusan yang tepat untukmu.

Sebab, di jurusan Ilkom, kamu akan banyak belajar cara merancang kampanye komunikasi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran.

5. Presenter

Presenter adalah orang yang membawakan acara, baik di televisi, radio, maupun platform digital, guna menyampaikan informasi atau hiburan kepada audiens.

Profesi ini mengharuskan seseorang untuk punya kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan pesan yang baik dan menarik.

Nah, di jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan banyak berlatih untuk bisa menyampaikan pesan secara efektif dan percaya diri, baik verbal mapun non-verbal.

6. Content dan Copywriter

Content dan copywriter bertugas untuk menulis konten kreatif dan strategis untuk iklan, website media sosial, atau pun materi promosi lainnya.

Mereka juga harus mampu menghasilkan teks yang informatif (khususnya untuk content writer), menarik, dan sesuai dengan tujuan pemasaran brand.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan Ilkom akan banyak mempelajari cara menyampaikan pesan yang efektif, termasuk secara non-verbal.

Mereka juga akan dilatih untuk menyesuaikan gaya bahasa dan teknik penulisan agar dapat memengaruhi dan menarik target pasar.

Itulah dia artikel lengkap yang membahas tentang Jurusan Ilmu Komunikasi, mulai dari apa yang dipelajari, gelar sarjana, hingga prospek kerjanya.

Semoga artikel ini informatif, ya, Briefee! Baca artikel menarik lainnya seputar Ilmu Komunikasi di Stories from BRIEFER!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *