Apa itu Media Visit? – Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

medium shot man woman shaking hand media visit

Pernahkah kamu mendengar “media visit“? Istilah ini merujuk pada salah satu aktivitas PR yang bisa bermanfaat untuk menjalin hubungan baik dengan media.

Jika kamu seorang praktisi PR, maka penting untuk mengetahui istilah yang satu ini agar dapat diimplementasikan dan berdampak positif pada perusahaan.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu media visit, dari mulai pengertian, tujuan, contoh, hingga tips menyelenggarakannya.

Pengertian Media Visit

Definisi media visit adalah suatu aktivitas berupa pertemuan tatap muka antara perusahaan dengan outlet media atau jurnalis.

Kunjungan tersebut biasanya dilakukan di kantor media atau ruang konferensi hotel dengan format yang santai dan non-formal.

Dalam kunjungan ini, masing-masing pihak bisa bertukar informasi tentang hal yang layak diberitakan, entah itu perihal produk dan layanan perusahaan, atau mengenai berita terbaru.

Tujuan Media Visit

Dengan melakukan kunjungan ke media, perusahaan dapat berinteraksi secara personal dengan tim jurnalis. Jadi, perusahaan tentunya dapat menjalin dan memperkuat relasi yang baik dengan media.

Selain itu, adanya kunjungan ini juga memungkinkan perusahaan untuk bisa menyampaikan informasi dengan lebih tepat dan jelas kepada para jurnalis.

Alhasil, hal ini pun menghindari adanya kekeliruan atau ketidaktepatan dalam penulisan berita oleh jurnalis tentang perusahaan.

Tujuan lainya adalah untuk meningkatkan peluang liputan media yang positif dan lebih mendalam, karena jurnalis memiliki akses langsung dengan perusahaan.

Contoh Media Visit

RupiahCepat, salah satu perusahaan yang menawarkan layanan pendanaan pernah melakukan kunjungan media ke Jawa Pos Group.

Perusahaan tersebut mendatangi secara langsung kantor Jawa Pos Group yang terletak di Gedung Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Setalan.

Dalam kunjungan tersebut, disebutkan bahwa RupiahCepat menyampakan keinginannya untuk mendorong peninkatan literasi dan inklusi keuangan.

Kunjungan dihadiri oleh Direktur dan seorang perwakilan RupiahCepat, serta jajaran direksi dan tim bisnis dari Jawa Pos Group.

Setelah kunjungan dilakukan, Jawa Pos pun membuat liputan berita mengenai media visit yang dlakukan RupiahCepat tersebut dalam situs webnya.

Tips Menyelenggarakan Media Visit

Jika kamu berniat untuk melakukan kunjungan ke media, yuk simak dulu beberapa tipsnya berikut ini!

1. Pilih Media yang Tepat

Beda media tentu beda juga fokus dan target pasarnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih media yang relevan dengan industri atau topik yang ingin perusahaanmu promosikan.

Berkenaan dengan ini, kamu perlu membuat daftar media dan identifikasi mana yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasarmu.

Misalnya, jika perusahaanmu bergerak di bidang teknologi, maka sebaiknya pilihlah perusahaan media yang memang berfokus untuk meliput berita tentang teknologi.

Dengan memilih media yang tepat, maka pesan yang ingin disampakan akan lebih berpotensi untuk menjangkau pasar yang tepat.

2. Hubungi Media untuk Membuat Janji

Setelah memilih media yang sesuai target, cobalah hubungi mereka untuk membuat janji dan mengatur jadwal kunjungan. Hindari datang langsung tanpa pemberitahuan.

Kemudian, jelaskan juga tujuan perusahaan serta manfaat yang bisa diperoleh atas penyelenggaraan kunjungan tersebut.

Karena media visit memerlukan banyak persiapan, jadi pastikan untuk memberikan mereka waktu yang cukup untuk mempersiapkannya.

3. Persiapkan Materi yang Diperlukan

Sebelum kunjungan dlakukan, pastikan untuk menyiapkan semua materi yang diperlukan, seperti presentasi, brosur, atau informasi lannya yang relevan dan ingin disampaikan.

Jika tujuan kunjunganmu untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan baru, kamu harus bisa memberikan penjelasan yang komprehensif serta memberikan demo jika perlu.

Dengan menyiapkan materi sebaik mungkin, ini akan membantu tersampaikannya pesan dan informasi yang jelas yang dibutuhkan jurnalis untuk membuat liputan.

Itulah dia artikel lengkap tentang media visit, mencakup definisi, tujuan, hingga contoh dan beberapa tips menyelenggarakannya.

Pada intinya, kunjungan kepada media dapat membantu memelihara hubungan yang bak dengan jurnalis, yang mana penting untuk keberlangsungan komunikasi yang efektif dan saling menguntungkan.

Nah, jika perusahaanmu ingin melakukan kunjungan ke media tetapi bingung harus mulai dari mana, BRIEFER bisa menjadi jawabannya!

BRIEFER memiliki konsultan PR berpengalaman yang bisa meng-handle berbagai sektor bisnis demi hasil akhir yang berkualitas.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website BRIEFER atau hubungi kami melalui hello@briefer.id, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *