5 Side Job Tanpa Modal, Tapi Tetap Cuan

Akhir-akhir ini, banyak orang kerap kali mengeluh soal isu PHK dan sulitnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Hal ini terjadi karena lesunya perekonomian yang menyebabkan perusahaan harus melakukan efisiensi biaya agar bisa tetap bertahan. Tentunya, banyak orang yang kemudian menyusun jalan alternatif agar tetap berpenghasilan di tengah ancaman resiko tersebut. 

Biasanya side job yang paling banyak diincar adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal yang besar dan hanya berbasis internet alias full online. Emang ada apa aja ya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai~

  1. Blogging/Writing 

Blogging kini bukan merupakan aktivitas yang dilakukan hanya karena hobi saja, tetapi banyak orang mulai melakukan blogging dengan tujuan untuk menambah cuan

Emang dari mana sih penghasilan blogging itu? Biasanya, penghasilan yang didapatkan oleh blogger merupakan hasil dari adsense. Nah, setelah proses pendaftaran adsense selesai, situs blog kamu akan menampilkan berbagai iklan yang akan dibayar ke kamu setiap kali ada pengunjung yang masuk ke situs blog kamu.

Kunci dari blogging ini sendiri adalah konten yang berkualitas dan bermanfaat guna menarik banyak pembaca. Memang butuh waktu sih, tapi kalau misalnya kamu sabar dan tekun dalam hal itu, pasti kamu akan menuai hasil yang menguntungkan pula.

Selain membuat website blogging sendiri, kamu juga bisa mendaftar pada beberapa media yang membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi dengan cara mengirimkan karya tulis berupa artikel. 

Namun, biasanya prosesnya memakan waktu yang cukup panjang terutama dalam proses editorialnya. Jadi, memang harus sabar dan selalu pastikan bahwa hasil tulisanmu sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Nah, ketika hasil tulisanmu berhasil melewati proses editorial, beberapa media akan memberikan fee sebagai imbalan atas hasil tulisanmu.

  1. Affiliate Program

Side job ini cukup populer belakangan ini. Sebenarnya, affiliate itu apa sih? Affiliate sendiri merupakan sebuah program dimana seller (penjual) membuka peluang kepada konsumen untuk menjual atau menawarkan produknya kepada orang lain.

Mirip seperti reseller, tapi perbedaannya adalah affiliate tidak perlu stok barang di rumah. Sebab, proses distribusi produk akan dilakukan langsung melalui pihak seller. Kamu cukup membuat video tentang produk yang akan kamu jual, posting di media sosial, kemudian cantumkan link pembelian produk pada video yang telah kamu buat. Nah, apabila ada orang lain yang membeli produkmu, kamu akan mendapatkan komisi dari seller sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati di awal. 

Semakin banyak konsumen yang membeli melalui afiliasi, maka semakin tinggi pula komisi yang akan kamu dapatkan. Gimana? Cukup menarik bukan?

  1. Content Creator

Siapa bilang jadi content creator itu ga ada penghasilan? Nyatanya, saat ini banyak orang yang berpindah haluan menjadi content creator karena industrinya cukup menjanjikan. 

Tentunya, terlebih dahulu kamu perlu membangun massa dalam media sosialmu. Buatlah konten-konten yang memiliki niche yang jelas agar audiens yang datang juga berkualitas. 

Setelah kamu memiliki massa yang cukup banyak dan berkualitas, kamu bisa lho mendapatkan penghasilan dari hasil endorsement berbagai brand. Jangan lupa untuk sesuaikan ratecard dengan perfoma media sosialmu agar relasi yang dibangun dengan brand lebih jangka panjang.

  1. Freelancer

Menjadi pekerja lepas memang menjadi pilihan yang cukup menarik. Kamu dapat menawarkan skill-mu kepada perusahaan-perusahaan atau teman-temanmu yang memang sedang membutuhkan jasa freelancer

Dengan menjadi freelancer, kamu bisa membangun bisnis tanpa modal yang besar. Untuk penghasilannya biasanya akan disesuaikan dengan kemampuanmu menangani project. Semakin banyak tawaran project yang kamu ambil, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan kamu dapatkan.

  1. Photographer or Videographer

Punya kemampuan fotografi dan videografi? Coba tawarkan jasamu pada mahasiswa/i yang akan wisuda atau pada teman-temanmu yang sedang married. Layaknya seorang freelancer, kamu akan mendapatkan penghasilan dari seberapa banyak project yang kamu terima. Jangan lupa untuk selalu sesuaikan hasilmu dengan ratecard yang kamu tawarkan ya!

Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil fotomu pada platform khusus penyedia gambar/video. Jadi, setiap kali orang menggunakan hasil foto atau video kamu, maka kamu akan mendapatkan penghasilan dari hal itu.

Oiya. jangan lupa pastikan kalau hasil foto dan videomu memiliki kualitas yang bagus ya! Sebab, biasanya foto atau video tersebut akan dipakai untuk kebutuhan editorial atau bahkan komersial. Menarik kan?

Nah, itu dia beberapa side job yang bisa dilakukan supaya tetap mendapatkan penghasilan di tengah ketidakpastian pekerjaan di Indonesia. Briefee juga lagi cari side jobs? Punya kemampuan di bidang komunikasi? Coba visit website briefer.id dan gabung jadi kolaborator aja! Good Luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *