Apa itu PR Stunt? – Definisi, Manfaat, dan Contohnya

business asian people meeting office use post it notes to planning pr stunt

PR stunt adalah sebuah strategi yang bisa membuat brand-mu lebih populer dan menonjol di bandingkan dengan kompetitor.

Sebab, strategi ini memang berfokus untuk menciptakan buzz dan keviralan untuk menarik perhatian publik dan media secara luas.

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan PR stunt, mulai dari pengertian, manfaat, hingga contoh kasusnya. Yuk, simak!

Apa itu PR Stunt?

PR stunt adalah tindakan, kegiatan, atau program PR yang besar dan dipersiapkan secara terencana dengan tujuan untuk memperoleh perhatian besar dari media dan publik.

Karena tujuannya adalah untuk memperoleh perhatian yang besar, PR stunt atau juga disebut publicity stunt dirancang dengan tak biasa.

Jadi harapannya, akan tercapai tujuan utama dari diadakannya program ini, yaitu meningkatkan awareness dan visibilitas bisnis di mata publik.

Umumnya, program public relations yang satu ini menargetkan platform internet dan media sosial karena mengharapkan jangkauan yang luas dan adanya potensi viral.

Oleh karena itu, keberhasilan publicity stunt dapat diukur dari liputan media, publikasi di berbagai media sosial, serta opini publik yang positif.

Contoh PR Stunt

Salah satu contoh PR stunt yang cukup menarik perhatian publik dan media adalah program dari IKEA yang dinamakan “Sleepover”.

Perusahaan yang bergerak di bidang furniture ini memang memiliki strategi marketing dengan mendekor tokonya menjadi bak rumah sungguhan yang dilengkapi dengan perabotan dari IKEA.

Hal ini pun membuat banyak orang yang mengunjungi toko IKEA menjadi bermimpi ingin memiliki dekor rumah yang seperti ada di IKEA.

Oleh karena itu, IKEA mengadakan acara “IKEA Sleepover” di mana pelanggan bisa bermalam di IKEA dengan nyaman dan tentunya gratis. Hal ini sontak membuat banyak orang antusias ingin mencobanya.

Apalagi, satu-satunya syarat dan ketentuan hanyalah berusia di atas 25 tahun. Sayangnya, hanya 100 orang pemenang yang bisa merasakan pengalaman unik dan mengesankan ini.

IKEA sleepover pr sunt

Seratus orang yang beruntung tersebut muncul dengan menggunakan piyama. IKEA memulai acara ini dengan mempersilakan audiens untuk bisa mempersonalisasi sendiri tempat tidur yang mereka gunakan untuk menginap.

Tak hanya ini, IKEA juga memperlakukan audiens dengan sangat baik. Mereka menerima goodie bag, kantong tidur, handuk, dan makanan ringan.

Tidak hanya menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung, IKEA tentunya memperoleh publisitas yang besar dari media, menciptakan awareness yang semakin tinggi.

Manfaat PR Stunt

Berikut sejumlah manfaat dari program publicity stunt:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merancang program PR stunt dapat membantu meningkatkan brand awareness karena aksi yang mencolok dan viral.

Alhasil, nama brand pun akan semakin dikenal oleh audiens yang lebih luas, bahkan hingga di luar target pasar dari bisnis itu sendiri.

2. Meningkatkan Peluang Kerja Sama

Selain masyarakat dan media, publicity stunt juga berpeluang untuk dilirik oleh calon klien atau brand lain, sehingga membuka peluang untuk kerja sama dan kolaborasi di masa depan.

Dampak jangka panjangnya, kolaborasi dengan brand lain dapat memperluas jangkauan audiens dan memperkuat posisi pasar.

3. Membangun Hubungan Emosional dengan Audiens

Publicity stunt sering kali dirancang untuk menciptakan pengalaman yang unik dan tak biasa, sehigga akan lebih memorable bagi audiens.

Ketika audiens mengingat kembali sesuatu yang tidak biasa, hal ini dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan brand yang menciptakan pengalaman tersebut.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu PR stunt, mulai dari pengertian, manfaat, serta contohnya yang diambil dari program IKEA ‘Sleepover’.

Jika perusahaanmu tertarik untuk merancang program ini, pastikan kamu mengenai target audiens dan menetapkan tujuan yang jelas.

Selain itu, rancang program yang unik, kreatif, serta menawarkan solusi dari suatu permasalahan berdasarkan realitas. Good luck, Briefee!

Anyway, yuk kunjungi laman web Stories from BRIEFER untuk membaca artikel lain seputar program public relations dan marketing!