Mengenal istilah Sleep Call, sebenarnya baik atau buruk sih?

Briefee, pasti udah tau dong kalau Film Sleep Call baru aja tayang?

Film ini menceritakan tentang kehidupan Dina (Laura Basuki) yang terjerat pinjaman online. Dina merasa kehidupannya hampa sehingga ia memutuskan mencari teman online melalui dating apps. Dari sanalah Dina bertemu dengan Rama (Juan Bione) dan dunianya mulai berubah.

Rama selalu menemani Dina di malam hari melalui sleep call. Hal tersebut membuat Dina semangat menjalani hari-harinya. Seiring berjalannya waktu, sleep call ini justru membawa misteri kematian bagi orang-orang di sekitar Dina. 

Sama seperti Dina, sleep call terkadang menjadi pelarian kita saat lelah dengan kesibukan di siang hari.

Kenapa sleep call bisa menjadi hal yang nyaman? 

Dilansir dari katadata.co.id, sleep call artinya kebiasaan melakukan panggilan telepon atau video call di malam hari sampai tertidur. Biasanya sleep call dilakukan pasangan yang terus mengobrol, hingga mereka tertidur.

Bagi sebagian orang, sleep call menjadi sarana yang terapeutik. Dalam zaman yang serba canggih ini, waktu kebersamaan yang terbatas secara fisik dengan pasangan kemudian dapat dialihkan dengan sleep call. 

Menurut Devito dalam buku “Komunikasi antar Manusia”, komunikasi adalah bagaimana dua atau lebih individu yang sudah menjalin hubungan menginterpretasikan pesan yang mereka maksud dengan cara yang lebih “terhubung”.

Hal tersebut menjelaskan selama kita merasa terhubung, rasa suntuk dan kesepian akan terobati. Kita akan tetap merasakan kehadiran orang tersebut meski tidak bertemu secara langsung. 

Memiliki hari yang berat tentunya akan mempengaruhi mood sampai malam bahkan hari berikutnya. Ketika kamu memiliki hari yang berat, sleep call dapat membantu mengobati harimu dengan melakukan panggilan bersama orang yang kamu cintai.

Kamu dapat berbagi pikiran dan menemukan jawaban dari permasalahanmu, bahkan bisa juga sambil bercanda sehingga badan menjadi rileks dan cepat tertidur. Berbagi cerita tentang harimu yang berat dapat memberikan kelegaan dan kebahagiaan tersendiri.

Menariknya, Jeff Hancock, seorang profesor komunikasi Universitas Stanford mengatakan kalau sleep call adalah bukti komitmen dalam sebuah hubungan. “Sleep call menandakan bahwa seseorang rela menghabiskan waktu dan energi serta teknologi bersama pasangannya,” Ujar profesor tersebut.

Selain itu, sleep call juga mampu mempererat hubungan dan kepercayaan satu sama lain sehingga kamu merasa hubunganmu lebih aman.

Jadi Sleep Call itu sebenarnya baik atau buruk sih?

Kadang kita berpikir “ngapain sih sleep call, ngabisin batre hp aja, lagian kan cuma tidur doang” 

Nyatanya hanya dengan menghubungi sebuah nomor, kita bisa bercerita, berbagi dan juga menyelesaikan masalah yang kemudian membuat kita merasa lebih rileks dan memperbaiki kualitas tidur.

Bahkan juga dapat mencegah depresi hingga keinginan untuk mengakhiri hidup. Jadi jangan remehkan tindakan-tindakan kecil positif yang membuat dirimu merasa nyaman ya, Briefee.