Ga Melulu Soal Manajemen Waktu, Ini Dia 4 Skill Penting Lainnya yang Harus Dimiliki Oleh Freelancer

Freelancer merupakan salah satu pekerjaan yang dianggap memiliki fleksibilitas tinggi dengan potensi pemasukan yang cukup menggiurkan. Fleksibilitas ini membuat freelancer berperan layaknya seorang ‘bos’ tanpa tim. Semua hal, mulai dari hal besar hingga hal kecil sekalipun diatur sendirian. 

Inilah yang kemudian menyebabkan freelancer tak cukup hanya menguasai satu skill saja. Ada beberapa skill lainnya yang juga penting untuk dimiliki agar kamu dapat sukses berkarir sebagai freelancer. Penasaran ada apa aja? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya!

  1. Branding

Skills branding yang harus dimiliki oleh seorang freelancer adalah personal branding. Seorang freelancer harus memiliki kemampuan untuk membangun image diri, mulai dari bagaimana kamu ingin dikenal oleh publik, sebagai freelancer apa orang-orang harus mengingat kamu hingga layanan apa saja yang dapat kamu tawarkan kepada calon klien. 

Gambaran yang jelas terkait hal ini dapat membantumu meningkatkan kredibilitas. Klien akan menganggap kamu sebagai seorang freelancer yang serius, profesional dan kredibel.  

Kamu bisa mulai bangun personal branding-mu di media sosial seperti Instagram atau bahkan ke arah yang lebih profesional, seperti LinkedIn. Dengan begitu, kamu tak hanya dapat membangun awareness, tetapi juga sekaligus membangun relasi dengan calon klien. 

  1. Komunikasi & Negosiasi

Negosiasi merupakan hal terpenting dalam proses dealing dengan klien. Jarang sekali klien dealing tanpa melewati proses negosiasi, terutama untuk project skala besar.

Dengan menguasai skills ini, harapannya freelancer dapat menemukan titik akhir yang saling menguntungkan. Tujuannya adalah agar hubungan yang dibina lebih jangka panjang dan berkelanjutan. 

Skill ini tak hanya akan dipakai sebelum dealing project, tapi sesudah dealing pun, seorang freelancer tetap harus melakukan berbagai negosiasi terkait cara kerja, hasil, deadline, strategi kreatif dan masih banyak lagi.

Oiya, skill negosiasi ini juga harus dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang baik ya! Tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan klien yang akhirnya merusak relasi yang telah dibangun. 

  1. Marketing/Sales

Apabila kamu ingin mendapatkan klien, maka kamu harus mampu mengelola strategi marketing dari seluruh layanan yang kamu tawarkan. 

Kamu dapat menggunakan digital ads untuk membantu memperluas jangkauan dan awareness dari layanan yang kamu berikan. Social media ads juga dapat membantumu untuk mengumpulkan leads yang dapat dikonversi menjadi sales

  1. Project Management 

Ketika menjadi freelancer, kamu tentu akan mengelola berbagai project sekaligus dalam satu waktu. Oleh karena itu, kamu membutuhkan kemampuan untuk merencanakan, monitoring dan membagi waktu agar semua project terselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan dari klien.

Jangan lupa untuk membuat timeline yang realistis ya. Timeline yang realistis membantumu menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan efisien. Sebab, kamu punya waktu untuk refreshing sejenak yang membuat hasil kerjamu menjadi lebih maksimal. 

Tertarik juga untuk menjadi seorang freelancer, tapi bingung mulai dari mana? Yuk, kunjungi briefer.id dan coba gabung jadi kolaborator aja! Good luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *