5 Kesalahan Umum yang Fatal Dilakukan Oleh Freelancer Pemula

table workplace close up man hands home working typing lptop

Akhir-akhir ini, pilihan karir menjadi seorang freelancer sangatlah populer. Biasanya, pilihan ini sangat didambakan oleh kalangan pekerja full-time yang kurang fleksibilitas dalam bekerja. Namun, kini situasinya telah berubah. Karir sebagai seorang freelancer kini digunakan sebagai jalur alternatif para fresh graduate di tengah kesulitan mendapatkan pekerjaan. 

Berbicara mengenai karir seorang freelancer, banyak orang langsung akan mengaitkannya dengan fleksibilitas dan cuan banyak yang didapatkan setiap kali dealing project. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang menggampangkan karir seorang freelancer dan melakukan berbagai kesalahan yang cukup fatal, khususnya untuk kamu yang baru terjun di karier ini. 

Emang ada apa aja? Yuk, cari tahu selengkapnya disini supaya kamu bisa sukses berkarir menjadi seorang freelancer!

Salah Menentukan Rate Card

Ini dia kesalahan yang paling sering dilakukan oleh freelancer pemula! Biasanya mereka cenderung akan menetapkan harga yang terlalu rendah karena merasa dirinya masih belum mumpuni/belum cukup pengalaman untuk menangani project yang diberikan. Tentunya, hal ini akan berdampak pada finansial freelancer. Sebab, bayaran yang diterima tidak setimpal dengan effort yang mereka keluarkan. 

Supaya hal ini tidak terjadi di kamu, cobalah untuk menyusun rate card yang telah disesuaikan dengan hasil riset pasar pada freelancer sejenis. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya beban operasional, beban pajak ketika menentukan rate card supaya kamu tetap cuan

Pilih-Pilih Project

Ketika baru terjun menjadi seorang freelancer, cobalah untuk menerima project kecil-kecilan dari teman atau keluarga. Sebab, project kecil-kecilan ini akan membantu dalam memperkaya portofoliomu. 

Boleh kok kalau mau berorientasi pada cuan. Namun, kalau misalnya kamu masih pemula, cobalah untuk fokus pada relasi/networking. Semakin banyak relasi yang kamu bangun, maka semakin banyak tawaran project yang akan kamu terima. Dengan ini, cuan kamu pasti akan menambah kan~

Menyepelekan Kontrak Tertulis

Bekerja tanpa kontrak merupakan kesalahan yang umum dilakukan. Sebab, mungkin pada awalnya, freelancer belum memahami kekuatan dari sebuah kontrak tertulis. 

Perlu diingat! Kontrak merupakan sebuah alat yang berguna untuk melindungi hak dan kewajibanmu sebagai seorang freelancer

Misalnya, apabila kamu nantinya tidak dibayar, kamu dapat menuntut klien tersebut karena telah melanggar kontrak yang telah disetujui. Namun, apabila kamu tidak memiliki kontrak tentu kamu tidak dapat melakukan apa-apa selain merelakan hasil kerjamu. 

Oleh karena itu, meskipun kamu masih pemula, jangan anggap sepele sebuah kontrak. Pastikan, kamu membuat kontrak yang jelas dan komprehensif, mulai dari lingkup pekerjaan, fee, deadline, hak, dan kewajiban dari kedua belah pihak.

Tidak Melakukan Personal Branding

Sekilas memang terdengar sepele, tapi ternyata tidak melakukan personal branding cukup memberikan pengaruh, lho

Personal branding merupakan satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan diri dan layanan yang kamu miliki. Hal ini tentu akan membantumu dalam meningkatkan awareness dan kredibilitasmu sebagai seorang freelancer

Nah, apabila kamu melewatkan hal ini, tentu yang mengenal dan menggunakan layananmu hanya segelintir orang dari kalangan tertentu. Dengan begitu, cuan yang kamu hasilkan juga akan terbatas. Begitupun sebaliknya, semakin banyak orang mengenalmu, maka semakin banyak pula tawaran yang mungkin akan diberikan kepadamu.

Ambil Banyak Project Sekaligus Dalam Satu Waktu

Seringkali, demi mendapatkan cuan, freelancer akan mengambil project yang banyak dalam satu waktu. Alhasil, banyak project yang akhirnya terlambat penyelesaiannya karena bentrok dengan project lain. Tentunya, ini akan membuat nilaimu berkurang di mata klien. Jangan sampai begitu ya!

Oleh karena itu, selalu sesuaikan dengan kemampuan diri ketika menerima tawaran project. Hal ini bertujuan agar project yang kamu kerjakan mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika hasilnya maksimal, tentunya klien akan merasa puas dan akhirnya melakukan repeat orde.

Briefee tertarik untuk menjadi seorang freelancer, tapi bingung mulai dari mana? Yuk, kunjungi briefer.id dan coba gabung jadi kolaborator aja! Good luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *